Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Sejarawan Penulis Historiografi Afrika



a.    K. Kolit dalam buku “Sedjarah Afrika”
Penulisan atau historiografi sejarah Afrika terus mengalami perkembangan baik bidang penelitian maupun metodologi, sehingga kajiannya semakin akurat. Akan tetapi, dalam buku Sejarah Afrika (D. K. Kolit, 1972: 7) menyebutkan bahwa pembabakan sejarah afrika belum memenuhi syarat-syarat ilmiah, dan dilihat dari berbagai segi masih harus dikritik dan dikoreksi. Dalam sekian banyak buku sejarah yang membahas sejarah Afrika kami lihat, bahwa yang paling banyak ditonjolkan adalah tentang Mesir atau Republik persatuan Arab sekarang, sedikit tentang Sudan, Kongo, dan Afrika Selatan atau Republik Afrika Selatan.
 Nama Afrika pertama kali diberikan oleh bangsa Punisia, yang telah mendiami kota Karthago dan pada mulanya nama Afrika ini hanya ditujukan kepada daerah-daerah koloni yang didiami oleh orang-orang Karthago saja, akan tetapi, pada perkembangannya sekarang nama Afrika dipakai oleh seluruh wilayah yang ada di Afrika. Dalam buku ini menjelaskan tentang perjalanan Afrika dari masa Zaman Bahari sampai dengan pembentukan Konferensi Asia-Afrika secara menyeluruh. Hal itu dibagi dalam tiga bagian, yakni: Afrika Zaman Bahari, Afrika dalam penjajahan, dan upaya Afrika untuk melepaskan diri dari penjajahan. 
b.   Kirti Dipoyudo dalam buku “Afrika Dalam Pergolakan 2”
Sejak beberapa tahun Afrika (dan Timur Tengah) semakin didorong ke pusat perimbangan kekuatan global antara timur dan barat. Sebagai faktornya dapat disebutkan dua hal penting. Pertama, karena berbagai hal benua ini mempunyai arti strategis yang sangat besar. Kedua, di benua ini terjadi hal-hal yang bisa mempunyai implikasi-implikasi penting bukan saja bagi negara-negara Afrika melainkan juga untuk perimbangan kekuatan global Timur-Barat dan secara demikian juga untuk hari depan dunia.
Seperti dipaparkan oleh Walter F. Hanh dan Alvin J. Cottrell dalam buku mereka Soviet Shadow Over Afrika (1976), Afrika dewasa ini memiliki arti yang sangat penting. Salah satunya hal ini dikarenakan Afrika kaya akan bahan-bahan mentah yang vital bagi industri modern. Dalam buku ini dijelaskan mengenai pergolakan di Tanduk Afrika, perkembangan di Afrika bagian selatan, maasalah rasial di Afrika Selatan, menuju penyelesaian damai masalah Namibia, pertarungan di Afrika Timur Laut, dan lain-lain.
 Sampai pada perebutan hegemoni di Afrika menjadi kajian dalam buku ini. Perebutan pengaruh yang terjadi di Tanduk Afrika. Uni Soviet yang telah berhasil mendapatkan kedudukan baik di Somalia, masih berusaha memperluas pengaruhnya di kawasan dengan memanfaatkan konflik-konflik setempat dan membantu Ethiopia menghadapi Somalia dan gerakan-gerakan pembebasan.
c.    Basil Davidson, dkk. dalam buku “Kerajaan-Kerajaan Afrika”
Benua Afrika serta penduduknya selama berabad-abad terselubung rahasia dan bahkan disalahberitakan oleh bagian dunia lainnya. Dalam bukunya, dijelaskan mengenai berbagai hal tentang Afrika, diantaranya: peradaban Sungai Nill di Mesir yang merupakan pusat peradaban kuno Mesir, tradisi suku-suku di Afrika, Kerajaan Dagang, Kerajaan Hutan, Dewa dan Roh (mengenai kepercayaan orang Afrika), seni kehidupan masyarakat Afrika, dan lain-lain. Buku ini, seperti halnya ensiklopedi Afrika memuat penjelasan dan gambar-gambar.



Blog Archive