Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pengertian Pendidikan Jasmani


            Pendidikan secara langsung berkaitan dengan nilai. Pendidikan harus terlebih dahulu menentukan nilai mana yang akan dianut sebelum menentukan kegiatannya. Hal ini berarti bahwa nilai terletak dalam tujuan. Nilai-nilai pendidikan terletak di dalam rumusan dan uraian tentang tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan dari suatu masyarakat pada hakikatnya merupakan perwujudan dari cita-cita ideal suatu masyarakat tersebut.
            Nilai-nilai ideal tersebut akan dimanifestasikan dalam perilaku kehidupan setiap warga dari masyarakat. Perilaku setiap orang dari suatu masyarakat merupakan gambaran atau cerminan dari nilai-nilai ideal tersebut yang telah menyatu dalam setiap diri pribadi seseorang sebagai suatu hasil proses pendidikan.
7
 
            Tujuan pendidikan nasional pada hakikatnya merupakan perwujudan cita-cita ideal bangsa Indonesia. Yang tidak lain adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan nilai dasar bagi kehidupan bernegara dan berbangsa bagi seluruh bangsa Indonesia. Pancasila yang merupakan bagian dari kehidupan manusia, dengan sendirinya harus menjadi dasar dari pelaksanaan pendidikan secara nasional di Indonesia.
            Tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air agar dapat menumbuhkan manusia pembangunan yang bertanggung jawab sebagai masyarakat Pancasila.
            Pendidikan jasmani adalah suatu poses pendidikan seseorang sebagai perorangan maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik, melalui berbagai kegiatan jasmani dalam rangka memperoleh penigkatan kemampuan, keterampilan jasmani, pertumbuhan kecerdasan dan pertumbuhan watak.
               Pendidikan jasmani termasuk bagian yang integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan.proses pembelajaran pendidikan jasmani wajib diikuti oleh semua siswa/siswi dari tingkat taman kanak-kanak sampai dengan tingkat sekolah menengah umum. Pendidikan jasmani juga dapat dikatakan sabagai proses belajar gerak dan belajar melalui aktifitas gerak. Artinya bahwa pendidikan jasmani dituangkan dalam bentuk aktifitas fisik baik itu permainan ataupun olahraga.
Dengan sering mengikuti aktifitas diharapkan siswa mampu belajar dan mengembangkan semua aspek yang terdapat dalam dirinya. Tujuan ideal dari program pendidikan jasmani itu bersifat menyeluruh, sebab bukan hanya mencangkup aspek fisik saja tetapi meliputi aspek lainnya yang mencakup aspek intelektual, emosional, sosial, dan moral. Dengan memperhatikan pengertian serta tujuan pendidikan jasmani yang hendak dicapai, maka melihat fungsi dan faedahnya pendidikan jasmani memiliki banyak manfaat bagi perkembangan kemampuan siswa, diantaranya siswa menjadi seorang anak yang percaya diri, disiplin, sehat dan bugar.
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan jasmani, guru pendidikan jasmani memegang peranan yang sangat penting, karena di tangan gurulah sukses tidaknya suatu proses pembelajaran serta sukses tidaknya pencapaian tujuan pendidikan yang sudah direncanakan. Tujuan belajar pada dasarnya adalah mendorong siswa agar belajar dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, oleh karena itu seluruh aktifitas yang berlangsung dalam proses belajar mengajar semuanya dipusatkan untuk memacu siswa untuk belajar. Pengajaran disebut sukses apabila mampu membangkitkan proses belajar, belajar itu akan berlangsung lancar dalam lingkungan yang tertib, yang dapat memberikan rasa aman dan kesempatan bagi setiap siswa untuk merasa mampu atau berkompeten dalam melaksanakan tugas ajar.  

Blog Archive