Satuan PAUD yang sejenis merupakan area program pelayanan AUD yang
tujuannya sama dengan lembaga PAUD lainnya. Sasaran SPS selain Anak Usia 6
tahun juga orang tua dan pengasuh anak usia dini. Pelaksanaannya lebih
fleksibel bergantung pada kesepakatan antara warga dan pengelola atau kader SPS
tersebut. Tempat belajarnya juga
lebih Fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja.
Satuan PAUD Sejenis (SPS) adalah layanan minimal merupakan layanan
minimal yang hanya dilakukan 1-2 kali/minggu atau merupakan layanan PAUD yang
diintegrasikan dengan program layanan lain. Peserta didik pada SPS adalah anak
2-4 tahun.
Satuan PAUD Sejenis (SPS),
yakni lembaga yang menyelenggarakan pendidikan selain Taman Kanak-Kanak,
Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak. Satuan PAUD sejenis (SPS) berfungsi
memberikan pendidikan sejak dini dan membantu meletakkan dasar ke arah
pengembangan sikap, perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik yang
diperlukan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berpengaruh terhadap
tumbuh kembang anak.
Pemberdayaan masyarakat dalam
penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis sangat penting untuk dilakukan dengan
alasan bahwa masyarakat memiliki potensi untuk merencanakan, melaksanakan,
mendukung, mengevaluasi program yang berkaitan dengan kehidupannya termasuk
PAUD. Selain itu masyarakat juga perlu memiliki , pemahaman tentang kebutuhan
dan harapannya pada bidang PAUD.
Tujuan Satuan PAUD Sejenis
(SPS) memberikan layanan kesehatan, gizi, serta psikososial secara holistik dan
terintegrasi adalah untuk membantu meletakkan dasar ke arah pengembangan sikap,
perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik yang diperlukan dalam
menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang
anak.
Pendekatan lembaga Satuan PAUD
Sejenis berorientasi pada hal-hal berikut :
1. Prinsip
pendidikan anak
2. Prinsip
perkembangan anak
3.
Optimalisasi layanan Pos PAUD
a.
Optimalisasi program
b.
Optimalisasi ketenagaan
c.
Optimalisasi prasarana
d.
Optimalisasi sarana
e.
Berpusat pada anak
Prosedur
pelaksanaan pengembangan pada lembaga SPS adalah sebagai berikut :
1.
Peserta didik, pendidik, pengelola
2. Komponen
program Pos PAUD
3. Strategi
pelaksanaan PAUD
4. Indikator
keberhasilan