Standar pembelajaran matematika untuk anak usia dini menurit NCTM
dibagi menjadi dua kategori yaitu standar isi meliputi bilangan dan operasi
bilangan, aljabar, bentuk geometri, pengukuran, analisis data dan probabilitas,
dan standar proses meliputi pemecahan masalah, penalaran dan pembuktian ,
kommmunikasi, koneksi, dan representasi (Sriningsih, 2008: 53). Analisis
data merupakan salah satu bagian dari
standar isi dalam standar pembelajarn matematika untuk anak usia dini yang di
rekomendasikan oleh NCTM.
Kegiatan pembelajaran
analisis data dan probabilitas sederhana sangat penting dikenalkan pada anak
usia dini karena merupakan awal anak mengenal statistic sederhana atau dasar
statistic. Kegiatan analisis data yang dilakukan untuk anak usia dini
diantaranya membuat grafik data tentang makanan kesukaan anak-anak kendaraan
yang di gunakan anak-anak pergi ke sekolah. Kegiatan ini bertujuan agar anak
dapat melakukan penjumlahan dan berpikir logis seperti statistic (Sriningsih,
2009: 66).
Di dalam kamus Webster’s New World Dictionary salah satu arti dari
analisis (analysis)adalah sebagai berikut : “ analysis, it means a separating
of breaking up of any whole into its parts so as to find out their nature,
propotion, function, relationship, etc”.
Jadi pada dasarnya membuat analisi berarti menguraikan lebih lanjut,
misalnya dari suatu total menjadi sub total agar bias di bandingkan antara sub
total satu dengan yang lainnya atau memperkirakan besarnya pengaruh perubahan
satu atau beberapa variable tehadap variable lainnya atau memperkirakan
besarnya pengaruh perubahan satu atau beberapa variable terhadap variable
lainnya secara kuantitatif didalam rangka mencari variable yang mungkin
menyebabkan suatu kejadian atau berubahnya nilai suatu variable.
Data adalah hasil pengukuran atau
pengamatan yang di kumpulkan berupa angka-angka yang menggambarkan perbedaan
atau persamaan suatu individu atau obyek dengan yang lain pada karakteristik
yang sama.
Probabilitas adalah suatu ukuran
seberapa besar suatu kejadian akan terjadi terhadap semua kejadian yang
ada.
“Probability is a measure of like
hood of the occurrence of arandom event” jadi probabilitas merupakan nilai yang
digunakan untuk mengukur tingkat kemungkinan terjadinya kejadian yang di acak.
Suatu kejadian yang pasti akan terjadi mempunyai probabilitas 1 atu 100%,
sedangkan yang pasti tidak akan tejadi (mustahil) mempunyai probabilitas nol
dan yang belum tentu terjadi atau tidak terjadi, probabilitasnya terletak
antara 0 dan 1.