Pada anak usia
prasekolah, matematika hanya pengalaman dan bukan penguasaan. Berikut konsep
yang harus diperkenalkan pada anak dengan dimulai :
1.
Korespondensi
Satu Satu
Mulailah dengan
mencoba-coba membilang dari tingkatan yang sangat sederhana. Contoh : satu buku, satu pensil, satu
penghapus, dan lain sebagainya.
2.
Pola
Merupakan
kemampuan untuk memunculkan pengaturan sehingga mampu memperkirakan urutan
berikutnya setelah melihat bentuk dua sampai pola yang berurutan.
3.
Klasifikasi
Anak belajar
klasifikasi materi, pengelompokkn berdasarkan bentuk, ukuran, jenis dan warna.
4.
Membilang
Menghafal
bilangan merupakan kemampuan mengulang angka-angka yang akan membantu pemahaman
anak tentang arti sebuah angka
Contoh: 1 2
3 4 5
6 7 8 ….dst.
5.
Makna
angka dan pengenalannya
Setiap angka
memiliki makna dari benda-benda atau symbol-simbol. Angka dari gambar berikut
adalah :
**** = 4
bintang
6.
Bentuk
Anak dikenalkan
pada bentuk-bentuk yang sama/tidak sama, besar-kecil, panjang-pendek.
7.
Ukuran
Anak perlu pengalaman
akan mengukur berat, isi , panjang dengan cara mengukur langsung sehingga
proses menemukan angka dari sebuah obyek.
8.
Waktu
dan Ruang
Dua hal ini
merupakan bagian dari proses kehidupan sehari-hari. Contoh :
Waktu : 1 hari Ruang
: sempit
2 hari Luas
Dua hal dibawah ini juga dapat dikenalkan
pada anak prasekolah dengan
memanipulasi benda.