Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN ANAK DENGAN TES


Teknik tes atau sistem testing merupakan usaha pemahaman murid dengan menggunakan alat-alat yang bersifat mengungkap atau mentes. Sedangkan tes adalah sebagai suatu prosedur yang sistematis untuk mengobservasi (mengamati) tingkah laku individu melalui skala angka atau sistem kategori. Selain itu tes mengandung pengertian alat untuk menentukan atau menguji sesuatu. Penggunaan teknik dari tes bertujuan untuk:
1.     Menilai kemampuan belajar murid
2.     Memberikan bimbingan belajar kepada murid
3.     Mengecek kemampuan belajar
4.     Memahami kesulitan-kesulitan belajar
5.    Menilai efektivitas (keberhasilan) mengajar (Shertzer & Stone; 1971:235)
Berdasarkan atas aspek yang diukur, tes dibedakan atas beberapa aspek , diantaranya yaitu sebagai berikut :
a.    Tes intelegensi Yaitu suatu teknik atau alat yang digunakan untuk mengungkapkan tarap kemampuan dasar seseorang yaitu kemampuan dalam berpikir, bertindak dan menyesuaikan dirinya secara efektif. Tes intelegensi ini dapat bermanfaat bagi tenaga pendidik untuk menganalisis berbagai masalah yang dialami murid, membantu memahami sebab terjadinya masalah, membantu memahami murid yang mempunyai kemampuan yang tinggi, dan menafsirkan kesulitan kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Adapun tes intelegensi ini terbagi lagi menjadi beberapa macam tes intelegensi, yaitu :
1)     Tes intelegensi umum, bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang taraf  kemampuan seseorang.
2)     Tes intelegensi khusus, menggambarkan taraf kemampuan seseorang secara spesifik.
3)     Tes intelegensi differensial, memberikan gambaran tentang kemampuan seseorang dalam berbagai bidang yang memungkinkan didapatnya profil kemempuan tersebut.
b.    Tes bakat Yaitu suatu teknik atau alat yang digunakan untuk mengetahui kecakapan, kemampuan atau keterampilan seseorang dalam bidang tertentu. Tes bakat berguna untuk membantu seseorang dalam membuat rencana dan keputusan yang bijaksana berkenaan dengan pendidikan dan pekerjaan. Untuk mengetahui bakat seseorang, telah dikembangkan berbagai macam tes seperti, Rekonik untuk mengukur fungsi motorik, persepsi dan berpikir mekanis. Tes bakat musik, tes yang mengukur kemampuan dalam aspek-aspek nada, suara, ritme, warna bunyi dan memori. Tes bakat artistik, yaitu kemampuan menggambar, melikis dan meripa. Tes bakat krelikal (perkantoran), yaitu tes mengukur kecepatan dan ketelitian. Tes bakat multifaktor, tes yang mengukur berbagai kemampuan khusus. 
c.    Tes kepribadian Yaitu suatu tes untuk mengetahui kepribadian seseorang yang terorganisasi secara dinamis dan sistem-sistem psikologis dalam sisi individu yang menentukan penyesuaian-penyesuain yang unik dengan lingkungan. Kepribadian dapat diukur dengan jalan melihat:
Ø  Apa yang seseorang katakan tentang keadaan dirinya sendiri.
Ø  Apa yang orang lain katakan tentang keadaan diri seseorang.
Ø  Apa yang seseorang lakukan dalam situasi tertentu.
d.    Tes prestasi belajar Yaitu suatu alat (tes) yang disusun untuk mengukur hasil-hasil pengajaran. Tujuan utama penggunaan tes prestasi  belajar adalah agar guru dapat membuat keputusan-keputusan seleksi dan klasifikasi serta menentukan keefektifan pengajaran. Tes ini meliputi:
1.     Tes diagnostik,yang dirancang agar guru dapat mengetahui letak kesulitan murid, terutama dalam berhitung dan membaca.
2.     Tes prestasi belajar kelompok yang baku.
Tes prestasi belajar yang disusun guru

Blog Archive