Kata media berasal dari kata medium
yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang
memberikan batasan tentang pengertian media. Menurut AECT yang dikutip oleh
Rohani (2004 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses
penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (2002 : 136)
adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur
pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”.
Menurut Association for Education and
Communication Technology (AECT) media diartikan sebagai segala bentuk dan
saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi (AECT, 1986).
Penggunaan media secara kreatif akan
memperbesar kemungkinan siswa untuk belajar lebih banyak, mencamkan apa yang
dipelajarinya lebih baik dan meningkatkan penampilan (performance) mereka dalam melakukan keterampilan-keterampilan
tertentu sesuai dengan yang menjadi tujuan pembelajaran (Suroso, 1995).
Karakteristik media berbeda sesuai
dengan tujuan atau maksud pengelompokkannya. Salah satunya media grafis, media
grafis termasuk salah satu media visual. Media ICT merupakan media pembelajaran
yang termasuk ke dalam media visual yang menampilkan gambar melalui komputer
dan infokus. Media visual (Sanjaya, 2000:157) media yang dapat dilihat saja,
tidak mengandung unsur suara. Yang termasuk media ini adalah film slide, foto,
transparansi, lukisan, gambar dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti
media grafis dan lain sebagainya.