Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Pengertian Pemahaman Peserta Didik



Menurut Chaniago dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia  “Pemahaman adalah sesuatu hal yang kita pahami dan kita mengerti dengan benar”. Jadi apabila kita dapat memahami tentang suatu hal maka dapat dikatakan kita memiliki pemahaman (2002:427).
Sedangkan menurut Arikunto menyatakan bahwa “Pemahaman (comprehension) adalah bagaimana seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas, menyimpulkan, menggeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan” (2009:118).
Pembelajaran yang telah dilaksanakan lebih mengaktifkan siswa untuk telibat selama proses pembelajaran berlangsung. Interaksi antara guru dengan siswa lebih akrab sehingga guru lebih mengenal anak didiknya dengan baik. Terkait dengan pandangan di atas, saat ini, guru dituntut untuk melakukan inovasi terbaru.
Jika dikaitkan dengan belajar pendidikan kewarganegaraan maka pemahaman terjadi karena evaluasi yang dilakukan guru dalam mempelajari pelajaran. Agar dapat menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan dan pengajaran maka perlu dilakukan usaha dan tindakan atau kegiatan untuk menilai pemahaman siswanya. 
Faktor lingkungan dan instrumental (misalnya guru, kurikulum dan model pembelajaran). Benyamin Bloom mengemukakan tiga faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu kemampuan kognitif, motivasi berprestasi dan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran adalah kualitas kegiatan belajar mengajar yang dilakukan terkait dengan model pembelajaran yang digunakan.
Kognitif menunjukkan tujuan pendidikan yang terarah kepada kemampuan – kemampuan intelektual, kemampuan berpikir maupun kecerdasan yang akan dicapai. Domain kognitif oleh Benyamin Bloom dibagi menjadi atas 6 kategori yang cenderung hierarkis. Keenam kategori itu adalah ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi (Uno, 2009:138). 
Tujuan kognitif inilah yang selama ini sangat diutamakan dalam pendidikan di Indonesia, kurang memperhatikan domain yang lain. Apabila hal tersebut dibiarkan tersebut menerus tanpa sama sekali memperhatikan domain yang lain, kiranya mudah dipahami kalau hasil pendidikan kita masih belum sesuai dengan harapan.


Blog Archive