Menurut Chaniago dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia “Pemahaman adalah sesuatu hal yang kita pahami
dan kita mengerti dengan benar”. Jadi apabila kita dapat memahami tentang suatu
hal maka dapat dikatakan kita memiliki pemahaman (2002:427).
Sedangkan menurut Arikunto menyatakan bahwa “Pemahaman (comprehension) adalah bagaimana seorang
mempertahankan, membedakan, menduga (estimates),
menerangkan, memperluas, menyimpulkan, menggeneralisasikan, memberikan contoh,
menuliskan kembali, dan memperkirakan” (2009:118).
Pembelajaran yang telah dilaksanakan lebih mengaktifkan siswa untuk
telibat selama proses pembelajaran berlangsung. Interaksi antara guru
dengan siswa lebih akrab sehingga guru lebih mengenal anak didiknya dengan
baik. Terkait dengan pandangan di atas, saat ini, guru dituntut untuk
melakukan inovasi terbaru.
Jika dikaitkan dengan belajar pendidikan kewarganegaraan maka pemahaman
terjadi karena evaluasi yang dilakukan guru dalam mempelajari pelajaran. Agar
dapat menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan dan pengajaran maka perlu
dilakukan usaha dan tindakan atau kegiatan untuk menilai pemahaman
siswanya.
Faktor lingkungan dan instrumental (misalnya guru, kurikulum
dan model pembelajaran). Benyamin Bloom mengemukakan tiga faktor utama yang
mempengaruhi hasil belajar, yaitu kemampuan kognitif, motivasi berprestasi
dan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran adalah kualitas kegiatan
belajar mengajar yang dilakukan terkait dengan model pembelajaran yang
digunakan.
Kognitif menunjukkan tujuan pendidikan yang terarah kepada kemampuan
– kemampuan intelektual, kemampuan berpikir maupun kecerdasan yang akan
dicapai. Domain kognitif oleh Benyamin Bloom dibagi menjadi atas 6
kategori yang cenderung hierarkis. Keenam kategori itu adalah ingatan, pemahaman,
aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi (Uno, 2009:138).
Tujuan kognitif inilah yang selama ini sangat diutamakan dalam
pendidikan di Indonesia, kurang memperhatikan domain yang lain. Apabila hal
tersebut dibiarkan tersebut menerus tanpa sama sekali memperhatikan domain yang
lain, kiranya mudah dipahami kalau hasil pendidikan kita masih belum sesuai
dengan harapan.