RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester : VI/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB : 2. Persatuan dalam perbedaan/ 2. Rukun dalam
perbedaan/4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35
Menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru,
dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis,
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
BAHASA INDONESIA
1.1 Meresapi
makna anugrah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk
hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya serta tatasurya.
1.1.1
Menunjukkan perilaku bersyukur atas
keanekaragaman makhluk hidup sebagai
anugrah
Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Memiliki kepedulian dan
tanggung jawab tentang ciri makhluk hidup dan lingkungan melalui
pemanfataan bahasa Indonesia.
2.1.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab
dalam menuliskan teks investigasi.
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi
tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan,
serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.1.1
Mengidentipikasi 4 Informasi ciri khusus Tumbuhan bias beradaptasi terhadap
lingkungannya
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi
tentang ciri khusus
makhluk hidup
dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1.1 Menyajikan teks laporan investigasi
strategi mengukur sudut dalam kehidupan
Seharihari
(sudut pada cabang tumbuhan, dll) di lingkungan sekitar.
.
IPs
1.3, Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah
menciptakan manusia dan
lingkungannya.
1.3.1 Menunjukkan perilaku bersyukur
atas karunia dan rahmat Tuhan YME yang
telah
menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3, Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya
diri dalam mengembangkan pola
hidup sehat,
kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat.
2.3.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab dalam mengembangkan pola hidup
sehat, kelestarian lingkungan fisik,
budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya
perubahan masyarakat Indonesia
dari Masa
Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan Awal Reformasi dalam kehidupan
berpolitik, berkebangsaan,
dan bernegara.
3.2.1
Menjelaskan melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia
Dari Masa
Persiapan Proklamasi Kemerdekaan.
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya
perubahan masyarakat
Indonesia
dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan Awal Reformasi
Dalamkehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk
tulisan
4.2.1 Menyajikan secara lisan dan tulisan sebab akibat terjadinya
perubahan kehidupan
masyarakat Indonesia dari Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan.
MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Mematuhi ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.1.1 Menunjukan perilaku teliti dalam
menyelesaikan operasi hitung dalam bentuk
pecahan.
2.1.2 Menunjukkan perilaku disiplin waktu
pada saat menyelesaikan tugas.
3.3 Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah
dan tempat
bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara
arah mata angin
dan sudut di antara dua jarum jam.
3.3.1 Menceritakan
strategi mengukur besar sudut menggunakan satuan tidak baku..
4.6 Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
di rumah, sekolah dan
tempat bermain
dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di
antara dua jarum jam.
4.6.1 Mengukur sudut pada benda di dalam
kehidupan sehari-hari menggunakan satuan
tidak
baku
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan observasi dan eksplorasi, siswa mampu
menceritakan strategi mengukur
besar sudut
menggunakan satuan tidak baku dengan cermat dan logis.
2. Menggunakan satuan tidak baku, siswa mampu mengukur
sudut pada benda di dalam
kehidupan
sehari-hari dengan cermat dan logis.
3. Setelah melakukan eksplorasi dan observasi, siswa
mampu menjelaskan langkah-langkah
mengukur sudut
menggunakan satuan tidak baku dengan menggunakan bahasa yang runtut
dan kosakata
baku.
4. Setelah melakukan eksplorasi, siswa mampu menulis teks
laporan investigasi menggunakan
bahasa yang
runtut dan menggunakan kosakata baku.
5. Melalui lini masa, siswa mampu menjelaskan perubahan
kehidupan bangsa Indonesia dari
Masa Persiapan
Proklamasi Kemerdekaan dengan penanaman nilai cinta tanah air.
6. Melalui lini masa, siswa mampu mempresentasikan
tentang perubahan kehidupan bangsa
Indonesia
dari Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan dengan penanaman nilai cinta
tanah air.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Bahasa Indonesia: membaca dan menulis laporan teks investigasi.
2.
IPS: Menjaga kerukunan di lingkungan.
3. Matematika: Bangun dan Sudut.
E. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba,
mengasosiasi/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan]
2. Metode : diskusi, tanya
jawab, latihan, penugasan.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.
Guru menyampaikan materi sebelumnya dan mengaitkankannya dengan materi yang
akan dipelajari.
3.
Siswa menyanyikan lagu “Pelangi” bersama-sama.
4.
Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
5.
Guru memberikan motivasi agar siswa belajar dengan giat.
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru menyampaikan kepada siswa Menjaga kerukunan di
lingkungan tempat tinggal kita adalah merupakan tugas setiap
warga. Dengan hidup rukun, kita dapat menciptakan
persatuan dalam perbedaan.
2. Guru menambahkan bahwa:Rukun dalam perbedaan dapat
diibaratkan seperti mozaik yang tertata rapi dari bangun dan warna yang
berbeda sehingga menghasilkan keindahan.
3.
Siswa mengamati mozaik yang terdapat pada gambar
jendela di dalam buku siswa seperti berikut ini
4.Siswa menulis hal yang mereka ingin ketahui lebih
lanjut tentang bangun, sudut, dan pengubinan pada mozaik tersebut dalam
bentuk pertanyaan.
5.Siswa mendiskusikan
pertanyaan yang mereka buat secara berkelompok
6.
Siswa menyebutkan jenis
sudut yang mereka temukan pada mozaik tadi.
7. Siswa memberikan penjelasan cara mereka
menentukan jenis sudut tersebut.
8.
Siswa mencoba mengukur menggunakan
satuan yang mereka buat sendiri.
9. Siswa mengikuti langkah-langkah berikut
10. Siswa menuliskan hasil pengukuran pada tabel yang
terdapat dalam buku siswa.
11. Siswa membandingkan hasil pengukuran mereka dengan
teman di sebelahnya.
12. Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
13. Siswa menulis laporan berdasarkan percobaan yang
mereka lakukan.
14. Laporan meliputi tujuan, alat dan bahan yang
digunakan, langkah-langkah,hasil temuan, serta kesimpulan.
15. Siswa mengikuti langkah-langkah membuat busur
berikut:
–– Lipat kertas seperti berikut.
16.Siswa mempresentasikan lini masa tentang Pergerakan
Kemerdekaan Indonesia sampai terjadinya proklamasi di dalam kelompok.
17. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
|
190 Menit
|
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan materi.
2. Siswa bersama guru melakukan
refleksi kegiatan belajar.
3. Guru memberikan tugas.
4. Siswa mempimpinn do’a di akhir
pembelajaran.
|
10
ment
|
G, Penilaian,
Pembelajaran Remidial, dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian Sikap : bersyukur, tanggung
jawab, teliti, dan perduli
b. Penilaian Pengetahuan : uraian dan
jawaban singkat
c. Penilaian Keterampilan : unjuk kerja
2.
Instrumen
Penilaian
a.Penilaian sikap Muatan Mapel Matematika, IPS, dan Bahasa Indonesia
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Bersyukur
|
Teliti
|
Tanggung
Jawab
|
Disiplin
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : Kurang
2: Cukup
3: Baik
4: Baik Sekali
|
b.Penilaian Pengetahuan dan
Keterampilan Muatan Mapel Matematika
1.
Pengetahuan
Tentukan besar sudut gambar di bawah
ini
b. Penilaian Pengetahuan dan
Keterampilan Muatan Mapel IPS
1.
Pengetahuan
a, Apa manfaat
hidup rukun dalam perbedaan di lingkungan mu ?
b, Jelaskan
makna yang tersirat dalam warna-warni dalam Mozaik?
C. Penilaian Pengetahuan dan
Keterampilan Muatan Mapel Bahasa Indonesia
1.
Pengetahuan
a,
Mengidentipikasi 4 Informasi ciri khusus Tumbuhan bias beradaptasi
terhadap
lingkungannya!
2, Keterampilan
H.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Teks laporan investigasi dengan judul “ Pengamatan Mozaik”
b. Gambar Mozaik.
C.
Gamabar Sudut
1.
Alat
a. Kertas HVS dan alat tulis
b. Laptop dan LCD
2.
Sumber
Afriki, dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI
Kelas VI Tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan” Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki, dkk. 2015. Buku Guru SD/MI
Kelas VI Tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan” Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.