Tujuan mempelajari
Setelah mempelajari
bab ini siswa harus dapat mengidentifikasi benda-benda yang dikenal beserta kegunaannya.
A.
KEGUNAAN BENDA-BENDA DI RUMAH
Di rumah ada banyak benda, di dalam rumah ada
meja dan kursi ada lemari dan tempat tidur. Di teras ada pot bunga dan kursi.
Di kamar mandi ada ember dan gayung. Di rumahku ada banyak benda, aku bisa
menyebutkan benda-benda itu, aku bisa menggambarnya.
Ibu memasak dengan kompor, kompor berguna
untuk memasak. Anto sedang menyapu menggunakan sapu.
Ada berbagai macam benda di rumah, kegunaan
setiap benda berbeda. Aku tahu kegunaannya.
B.
KEGUNAAN BERBAGAI BENDA DI SEKOLAH
Di sekolah ada banyak benda, di dalam kelas ada meja dan kursi. Di
halaman ada pohon dan sepeda, di kamar mandi ada cair dan gayung. Banyak benda
lain di sekolahku.
Ibu guru menulis di papan tulis, ibu guru menulis dengan kapur tulis.
Aku menulis di buku dengan pensil. Ada berbagai macam benda di sekolah,
kegunaan setiap benda berbeda aku tahu kegunaannya.
C. KEGUNAAN BERBAGAI BENDA DI JALAN
Benda di jalan:, sepeda, mobil, bus, dan ada
lampu jalan. Dipersimpangan ada lampu lalu lintas, dan di jalan ada halte bus.
Ada berbagai macam benda di jalan kegunaan setiap benda berbeda. Aku tahu
kegunaannya.
Ø KEGIATAN
Gambarlah 5 benda di jalan
Gambarlah seperti contoh di bawah ini
Contoh
Di
jalan
|
|
|
|
|
Di
tepi jalan
|
|
|
|
|
Ø RANGKUMAN
1.
Berbagai benda memiliki kegunaan
Kegunaan setiap benda berbeda-beda
2.
Kegunaan berbagai benda di rumah
·
Lemari tempat menyimpan baju
·
Kompor untuk memasak
·
Sapu untuk menyapu
Dan banyak lagi
3.
Kegunaan berbagai benda di sekolah
·
Kapur tulis untuk menulis di papan
tulis
·
Pensil untuk menulis di buku
Dan banyak lagi
4.
Kegunaan berbagai benda di jalan
·
Lampu lalu lintas mangatur lalu
lintas
·
Halte tempat menunggu bus
Dan banyak lagi
Ø LATIHAN AKHIR BAB
1.
Hani duduk di......
Makanan ditaruh di atas.......
Nasi dan lauk ada di................
Air minum di dalam................
Hani makan memakai...........dan............
2.
Ibu guru menulis di...............
Menggunakan.................
Siswa mencatat di................
Menggunakan..............
Jika salah dihapus dengan..................
3.
Di jalan ramai sekali
jika...............berwarna merah semua
Mobil akan berhenti polisi juga meniup...............untuk
mengatur lalu lintas.
|