BERMAIN DAN ANAK
1. Bermain pada PAUD memiliki
beberapa prinsip, kecuali :
a. Berpusat pada anak b. Setiap anak unik
c. Karena masih kecil tak perlu diberi tanggung
jawabd. a dan b benar
2. Bermain yang bermakna bagi
anak usia dini mengandung jenis main :
a. Main sensori b. Main peran/simbolik c. Main pembangunan
d. Ketiganya benar
3. Densitas main berkaitan
dengan :
a. Banyaknya ragam main yang
dapat dipilih anak
b. Lamanya waktu main bagi anak
c. Ragam dan waktu main yang
diperlukan anak
d. Semua salah
4. Intensitas bermain mengandung
arti
a. Banyaknya ragam main yang
dapat dipilih anak
b. Lamanya waktu main bagi anak
c. Ragam dan waktu main yang
diperlukan anak
d. Semua benar
5. Hal yang perlu dipikirkan
guru dalam pelaksanaan bermain :
a. Kesesuaian kegiatan main
dengan tahap perkembangan anak
b. Daya tahan anak
berkonsentrasi
c. Media bermain yang cukup dan
mendukung tahap pencapaian perkembangan
d. Semua benar.
6. Dalam bermain anak perlu
diberi kesempatan untuk, kecuali :
a. Bebas memilih media bermain
yang disukai
b. Anak harus patuh pada mainan yang telah
disiapkan guru
c. Bereksplorasi sesuai minat
dan imaginasi anak
d. Menceritakan apa yang telah
dilakukannya.
7. Membentuk karakter anak usia
dini melalui bermain yang bermakna, memerlukan tahapan
a. Menanam gagasan untuk menuai
perbuatan
b. Menanam perbuatan untuk
menuai pembiasaan
c. Menanam pembiasaan untuk
menuai karakter
d. A,b,c, benar.
8. Bermain yang bermutu
memerlukan proses bermain yang benar, baik, dan indah kecuali :
a. Dimulai dengan penataan
lingkungan main yang sesuai kebutuhan anak
b. Diikuti dengan apersepsi
sebelum mulai bermain
c. Memberi kesempatan anak
bereksplorasi dan menceritakan pengalaman main
d. Anak harus selalu mengikuti kehendak
guru.
9. Tujuan bermain pada
pendidikan anak usia dini adalah
a. Untuk merangsang potensi anak
agar bertumbuh kembang dengan optimal.
b. Memberi kesempatan anak tidak
rewel
c. Mengisi waktu anak untuk
membantu ibu.
d. Agar orangtua tidak repot
10.
Kesalahan dalam
bermain bersama anak,
a. Tidak memikirkan kebutuhan
pada tahap perkembangan anak
b. Menuntut anak mengerti orang
dewasa/ guru – anak sebagai orang dewasa mini
c. A dan b benar
d. A dan b salah.