TUJUAN :
MEMBERIKAN RANGSANGAN KEPADA ANAK DIDIK AGAR KECERDASAN JAMAKNYA
BERKEMBANG OPTIMAL BAAIK SECARA
INTELEKTUAL, EMOSIONAL, DAN SPIRITUAL SEHINGGA DAPAT DIHARAPKAN MENJADI INSAN
INDONESIA YANG CERDAS KOMPREHENSIF DAN KOMPETITIF.
LANGKAH
PERTAMA
PENDIDIK TELAH MERENCANAKAN DAN MENATA
LINGKUNGAN H-1 DAN SEBELUM ANAK DATANG
BERAPA TEMPAT MAIN ? MINIMAL SETENGAH JUMLAH
ANAK PLUS SATU. UNTUK ANAK 10, ADA MINIMAL (½ X 10) + 1 = 6 TEMPAT MAIN.
SAAT ANAK KITA DATANG - SAMBUT ANAK DENGAN 5 S
: SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN.
BERMAIN DI HALAMAN JELANG MASUK RUANGAN :
-
VARIASI SETIAP HARI DG BERBARIS,
BERMAIN LINGKARAN, BERMAIN FANTASI
-
CONTOH MAIN FANTASI BERJALAN-JALAN
DI PEMATANG SAWAH DG LAGU, A.L.
o
ORAY-ORAYAN
o
HAYU URANG JALAN-JALAN
Hayu urang jalan-jalan
Mapai sawah jeung galengan
Tuh tingali hey, aya buruy ngojai
Duh lucu . . . ku gubay geboy
Hayu urang
jalan-jalan
Mapai sawah jeung
galengan
Tuh tingali hey,
lobaa keongna
Eta the, tutut namina.
Dst sesuai imajinasi anak, dimana
aaak diajak jalan-jalan.
o
SAKADANG BURUY, DLL.
Sakadang buruy, di sisi walungan
Kokojaian. gubay
geboy – gubay,
geboy
Bijil suku tukang, bijil suku harep
Lila lila jadi bangkong
Gubay geboy, gubay geboy
Gubay geboy . . . , sakadang buruy
Bijil suku tukang, bijil suku harep
Lila lila jadi bangkong
SEBAGAI sarana
stimulasi kecerdasan jamak, pendidik mengajak anak berimaginasi dengan aneka
lagu dan gerakan yang menyenangkan.
Sebelum masuk kelas, pendidik mengajak anak antri
ke kamar mandi, bersihkan tangan, dan
pipis. Dilanjutkan masuk kelas dan minum.
LANGKAH KEDUA
SEBELUM BERMAIN
MASUK
KELAS DG LINGKUNGAN YANG TELAH DISIAPKAN ANEKA TEMPAT MAIN BERBEDA.
DENSITAS/RAGAM MAIN ½ JUMLAH ANAK + 1 ,
SAAT
LINGKARAN – LK 15 MENIT : SUASANA SANTAI, DUDUK DI LANTAI
DALAM LINGKARAN YG DAPAT SALING BERTATAP PANDANG.
MEMANGGIL ANAK UNTUK BERKUMPUL DI LINGKARAN DG
LAGU :
Marilah kawan kemari
Duduk di sini sambil
bernyanyi
Tra la la la la, tri
li li, tri li li
Semua riang berseri.
Badan sehat, kuat,
hati gembira
Badan sehat kuat,
cerdas ceria
Anak usia dini :
SEHAT, CERDAS, CERIA, BERAKHLAK MULIA . .
KEGIATAN DALAM/SAAT LINGKARAN (CIRCLE TIME):
-
ANAK DIAJAK BERGILIRAN MEMIMPIN
DOA – lk 2 menit
-
PENDIDIK MENGINFORMASIKAN TATA ACARA
HARI INI DG BEBERAPA KOSA KATA 3 – 4”
-
PENDIDIK BERCERITA PETIKAN INTI
TEMA/SUB TEMA – 5-7”
-
PENDIDIK MENDEMONSTRASIKAN 1
KEGIATAN INTISARI YANG MENARIK.2-4’
o
MIS. Anak-anak diajak melihat
bagaimana warna-warna dasar di”sulap” campur menjadi warna warni yang insah.
Puji syukur, alhamdulillah. Kita telah diberi kepandaian MENEMUKAN WARNA BARU.
-
PENDIDIK MENAWARKAN TEMPAT-TEMPAT
MAIN YG TELAH DITATA, DAN MENGINGATKAN SOP – STANDAR PROSEDUR OPERASI/ ATURAN
YG TELAH DISEPAKATI : 1. PILIH MAINAN, 2. MAINKAN, 3. CERITAKAN, 4.
BERES-BERES.
LANGKAH KETIGA
SAAT
BERMAIN
KEGIATAN BERMAIN INTI DI
TEMPAT-TEMPAT MAIN YANG TELAH DISIAPKAN - DURASI MAIN LK 60 MENIT
SECARA TEORI KESEMPATAN MAIN 3 X JUMLAH ANAK, DALAM PRAKTEK LEMBAGA PAUD
MENYESUAIKAN DENGAN KEMAMPUANNYA.
ANAK-ANAK MENYEBAR DENGAN PRIORITAS PILIHAN
TEMPAT MAIN SESUAI MINATNYA. MENDAPAT KESEMPATAN MENEMUKAN PENGETAHUANNYA
SENDIRI MELALUI EKSPLORASI BERMAIN.PERPINDAHAN TEMPAT MAIN DIIJINKAN MENGIKUTI
SOP YG TELAH DISEBUTKAN.
DIANJURKAN PADA SAAT BERMAIN INTI, ANAK-ANAK
DAPAT MENDENGARKAN MUSIK RIANG PENDUKUNG TEMA/SUB TEMA YANG SESUAI DAN LAGU
PEMBANGUN KARAKTER: A.L.
Suka Membaca:
Aku pandai karena suka
membaca, suka membaca, suka membaca
Aku pandai karena suka
membaca,
Aku suka membaca
Aku Sayang Ibu:
Satu-satu aku sayang
Ibu
Dua-dua juga sayang
Ayah
Tiga-tiga sayang adik
kakak
Satu, dua, tiga sayang
semuanya
Dan lain-lain
PENILAIAN DILAKUKAN GURU SEPANJANG WAKTU PADA
SAAT ANAK BERADA DI TAMAN BERMAINNYA, TERUTAMA SAAT ANAK-ANAK ASYIK BERMAIN DI
TEMPAT-TEMPAT MAIN YANG DISEDIAKAN.
BILA WAKTU HAMPIR HABIS (LK 5-10 MENIT SEBELUM HABIS), ANAK-ANAK DIBERI
ISYARAT DG LAGU YANG DILAKUKAN SAMBIL BERSAMA-SAMA BERES-BERES.
Beres beres waktu
telah tiba
Simpan mainan di
tempatnya lagi
Simpan yo simpan,
simpan yang rapi
Itu tandanya pandai
terpuji
Simpan yo simpan, simpan yang rapi
Itu tandanya
bertanggung jawab
BERSAMA ANAK PENDIDIK BEKERJA MENATA MAINAN DI
TEMPAT/ RAK-RAK NYA.
LANGKAH KEEMPAT
SETELAH
BERMAIN
KEMBALI ANAK DIPANGGIL DENGAN LAGU UNTUK BERKUMPUL KEMBALI DI LINGKARAN
PADA LANGKAH KEDUA.
KEGIATAN PENUTUP – DURASI 30 MENIT
EVALUASI DAN MENGINGAT
KEMBALI/RECALLING.
PENDIDIK MEMANDU ANAK MENCERITAKAN APA YANG TELAH DILAKUKAN DAN
DITEMUKAN MEREKA, SERAYA MERANGSANG KECERDASAN JAMAK, EMOSI, DAN SPIRITUAL
ANAK.
ANAK TERUS DIDORONG UNTUK TEKUN MENELITI DAN DIAJAK SALING SAYANG
MENYAYANGI DAN SALING MENGHARGAI SESAMA.
Doa syukur, dan mencuci tangan untuk makan bersama.
Sebelum kita makan, cuci tanganmu dulu
Menjaga
kebersihan, untuk kesehatanmu
Banyak-banyak makan, jangan ada sisa
Mari makan bersama
4 Sehat 5 Sempurna
Sepiring nasi sehari tiga kali
Itu baru cukup kalori
Lauk pauknya
Yang sederhana
Cukup gizi dapatlah terbeli
Buah-buahan paling banyak di sini
Indonesia tak tertandingi
Sayuran segar semangat mekar
Berseri ceria setiap hari
Empat sehat lima sempurna
Tuk masa depan kita
Nasi, laauk, sayur, daan buah
Lebih baik ditambah susu.
PADA SAAT MAKAN BERSAMA, PENDIDIK IKUT MAKAN SAMBIL MELAKSANAKAN PEMBIASAAN ADAB DAN DOA MAKAN,
PENANAMAN PENTINGNYA MAKANAN HALAL DAN BERGIZI, PENGENALAN ZAT GIZI MAKRO DAAN MIKRO DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN, AGAR
ANAK KITA MAKAN DENGAN KADAR GIZI SEEIMBANG, DST.
SELAMAT BERMAIN YANG BERMAKNA.