Internet
adalah medium komunikasi. Hakekat medium/media dalam ilmu komunikasi adalah
yang digunakan sebagai alat (channels)
untuk menyampaikan pesan (message)
dari komunikator kepada audience/komunikan.
Astrid S. Susanto mengartikan media sebagai berikut “Media adalah saluran yang
digunakan dalam pengoperan proses lambang - lambang”[1]
Pengertian lain tentang media komunikasi
adalah alat perantara dalam proses penyampaian isi pernyataan (message) dari komunikator kepada
komunikan atau penyampaian umpan balik (feedback)
dari komunikan kepada komunikator (media komunikasi disini adalah social networking).[2]
Penggunaan
internet sebagai media komunikasi sudah berlangsung lama, ditandai dengan
adanya berbagai pemanfaatan internet tidak hanya sebagai media komunikasi,
namun juga sebagai bentuk promosi suatu perusahaan, penjualan produk atau
sebagai portofolio suatu perusahaan.
Kemudahan dan tak terbatasnya ruang dan waktu
yang membuat internet menjadi suatu yang penting. Media komunikasi yang dahulu sekarang
berubah total menjadi berformat digital. Kehadiran internet sebagai media
komunikasi ditandai dengan hadirnya warung internet yang semakin menjamur,
penjualan komputer yang semakin meningkat melebihi penjualan televisi, serta
sosial networking yang semakin
menguasai medan komunikasi daripada komunikasi tatap muka
[1] Astrid S.Susanto, Komunikasi
Dalam Teori Dan Praktek. (Bandung : Bina Cipta, 1988), hlm 31.
[2] Hoeta Sochoet, Media
Komunikasi, (Jakarta: Yayasan Kampis Tercinta IISIP, 2003), hlm 1.