RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
KELAS / SEMESTER : VI / 1
TEMA
:
Persatuan dalam Perbedaan
SUB TEMA :
Rukun dalam Perbedaan
PB :
6
ALOKASI WAKTU : 1 X pertemuan ( 4 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI ( KI )
1. Menerima,
menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukan
perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,santun,peduli,dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman,guru,dan bertanggung jawabnya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda–benda yang dijumpainya di rumah,di sekolah,dam tempat
bermain
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam
bahasa yang jelas,sistematis,logis,dan kritis,dalam karya yang estetis,dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tinakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugrah Tuhan Yang maha Esa atas keberadaan ciri khusus mahluk hidup,hantaran
panas,energi listrik dan perubahannya serta tatasurya
1.2.1 Menunjukan perilaku bersyukur atas keanekaragaman
mahluk hidup sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri mahluk hidup dan lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia .
2.1.1 Menunjukan
perilaku tanggung jawab dalam menuliskan teks investigasi
3.1 Menggali informasi
dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus mahluk hidup dan
lingkungan,serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menggali
informasi berdasarkan pengamatan tentang system adaptasi bambu
4.1 Mengamati, mengolah
dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus mahluk hidup dan
lingkungan serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1.1 Menyajikan
teks laporan investigasi tentang system adaptasi tumbuhan
PJOK
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.3.1 Menunjukan perilaku
bersyukur kepada Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2..1 Berperilaku sportif dalam bermain
2.1.1 Menunjukan sikap
sportif dalam bermain Rangku Alu
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak
dasar atletik jalan,lari,lompat,dan lempar dengan kontrol yang baik melalui
permainan dan atau olahraga tradisional
3.3.1 Menjelaskan
kombinasi lompatan pada permainan tradisional Rangku Alu
4.3 Mempraktikan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar atletik, jalan,lari,dan lempar dengan kontrol
yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
4.3.1 Mempraktikan
kombinasi lompatan pada permaianan tradisional Rangku Alu
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan bermain
Rangku Alu, siswa mampu mempraktikan kombinasi lompatan dalam permainan
tradisional dengan sportif
2. Setelah melakukan
pengamatan ,siswa dapat menggali informasi berdasarkan pengamatan tentang cara
bambu menyesuaikan diri dengan penuh rasa syukur
3. Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menyajikan teks laporan investigasi tentang cara bambu
menysuaikan diri dengan tanggung jawab.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia :
Membaca dan menulis laporan teks investigasi
PJOk :
Gerak dasar atletik jalan,lari, dan lompat
E. MODEL, PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Model :
Discovery Learning
Pendekatan : Saintifik
(Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba,mengasosiasi/mengolah
informasi,dan mengomunikasikan)
Metode :
Demonstrasi, tanya
jawab,diskusi,penugasan
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang siswa
2.
Guru menyampakan materi sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan
dipelajari.
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang
akan diajarkan
4. Guru memberikan motivasi agar siswa belajar
dengan semangat
|
10
Menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Guru menanyakan tugas minggu lalu dalam menyusun lagu tentang rukun dalam
perbedaan untuk mengiringi permainan Rangku Alu.
Secara kelompok siswa menampilkan
permainan tradisional Rangku Alu yang akan diiringi lagu hasil karya kelompok
masing-masing tentang rukun dalam perbedaan sebagai landasan terciptanya
persatuan
2.
Ketika kelompok lain tampil, setiap siswa diminta mengamati dengan teliti
permainan dan membuat catatan tentang
bagaimanan setiap anggota kelompok melakukan permainan tersebut dan
bagaimanan pula mereka menyanyikan lagu pengiring saat bermain
3. Siswa menulis catatan penting berdasarkan
hasil pengamatan mereka
4. Setelah menyaksikan penampilan dari seluruh
kelompok, siswa menulis hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang
penampilan dan alat yang digunakan dalam bermain Rangku Alu, dalam bentuk pertanyaan
5. Siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut
secara berpasangan.
6. Siswa menulis penjelasan penampilan salah
satu kelompok yang mereka pilih
7. Siswa menceritakan makna yang terkandung
dalam lagu rukun dalam perbedaan dalam menciptakan persatuan yang telah
ditampilkan kelompok mereka serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
8. Siswa membaca teks singkat tentang kisah Siti yang melakukan
investigasi tentang sistem adaptasi bambu serta melakukan studi pustaka
dengan mencari informasi tentang cara-cara tumbuhan beradaptasi
9. Siswa mencari tahu isi teks laporan
investigasi yang dibuat Siti tentang system adapatsi bambu
10. Siswa menjawab pertanyaan terkait teks
laporan investigasi yang dibuat Siti,sehingga diperoleh jawabannya sebagai
berikut :
1. Siti mencari informasi tentang cara adaptasi
bambu dan tumbuhan lain beradapatsi .
2. Pak Usman adalah penjaga kebun Pak
Lurah
3. Siti ingin tahu tentang cara
tumbuhan teratai,eceng gondok dan kangkung beradaptasi
4. Untuk mengumpulkan informasi yang
akan Siti tulis dalam bentuk teks laporan
5. Siti melakukan investigasi untuk
membuat tugas laporannya.
11. Siswa mendiskusikan hasil jawaban dengan
teman
12. Guru
memberikan pemahaman pada siswa bahwa laporan yang Siti hasilkan mengenai
system adapatsi bambu merupakan contoh teks laporan investigasi berupa
fakta,bukan rekaan. Untuk menghasilkan laporan ini ,Siti harus melakukan
pengamatan di lokasi wawancara,serta melengkapi informasi dari berbagai
sumber.
Secara umum teks laporan investigasi
terdiri dari Informasi umum, fakta-fakta berdasarkan data dan kesimpulan.
Struktur
TeksLaporan
Struktur
teks laporan terdiri dari dua bentuk,yaitu penrnyataan umum atau klasifikasi
(biasanaya di awal paragraph) dan sejumlah pargaraf yang berisikan aspek yang
dilaporkan
Langkah-langkah
Menulisk hasil pengamatan
Untuk
membuat laporan hasil pengamatan ,perlu mengetahui langkah-langkah yang harus
dilakukan,dengan demikian laporan hasil pengamatan yang dibuat dapat menjadi
sebuah laporan yang tersusun secara rapi,runtut,dan menarik.
Langkah-langkah
yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah laporan hasil pengamatan adalah
sebagai berikut :
1.
Membuat
judul laporan yang benar sesuai dengan pengamatan yang dilakukan
2. Menyusun kalimat pembukaan
3. Menyusun isi laporan yang berisi
gagasan-gagasan pokok dan saran yang disertai alasan terhadap laporan hasil
pengamatan
4. Menulis kalimat penutup
13. Siswa
mengerjakan soal evaluasi akhir PB 6 tentang kombinasi lompatan pada permainan
Rangku Alu dan cara menulis teks laporan investigasi
|
120
|
Penutup
|
1. Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi
2. Siswa
dan guru melakukan refleksi kegiatan belajar
3. Guru
memberikan tugas
4. Siswa
memimpin do’a di akhir pembelajaran
|
10
Menit
|
G. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap : Tanggung jawab, sportif,jujur,kerjasama,disiplin
b. Penilaian Pengetahuan : Jawaban singkat
c. Penilaian keterampilan : unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap muatan mapel
PJOK
NO
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang dinilai
|
||||
Tanggung
jawab
|
Jujur
|
Kerjasama
|
disiplin
|
Sportif
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
: Kurang
2
: Cukup
3
: Baik
4
: Baik Sekali
|
Rubrik penilaian sikap PJOK
Sikap
|
Baik
sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Tanggung
jawab
|
Bermain
dengan hati-hati dan menjaga keselamatan diri dan teman
|
Bermain
cukup hati-hati dan menjaga keselamatan diri dan teman
|
Bermain
kurang hati-hati
|
Bermain
dengan ceroboh sehingga membahayakan keselamatan diri dan teman
|
Jujur
|
Jujur
sejak awal hingga akhir permainan
|
Cukup
jujur sejak awal permainan hingga akhir permaian
|
Jujur
hanya di setengah permainan
|
Tidak
jujur sejak awal hingga akhir permainan
|
Kerjasama
|
Mampu
bekerjasama dalam permainan secara konsisten
|
Kurang
bekerjasama dalam permainan
|
Sulit
bekerjasama dalam permainan
|
Sulit
dna perlu motivasi untuk dapat bekerjasama dalam permainan
|
Disiplin
|
Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik secara konsisten
|
Cukup
diisplin selama melkaukan berbagai sktid=vitas fisik
|
Kurang
disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
|
Tidak
disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
|
Sportif
|
Tetap
tenang saat kalah dan member selamat kepada teman yang menang
|
Tetap
tenang saat kalah meski tidak memberi selamat kepada teman yang menang
|
Kecewa
dan sedih saat kalah
|
Marah
saat kalah dan menyalhkan teman lain
|
b. Penilaian pengetahuan muatan
matapelajaran PJOK
1) Jelaskan kombinasi lompatan
yang ada pada permainan Rangku alu !
2) Jelasakan perbedaan jalan dan
lari !
c. Penilaian keterampilan muatan
matapelajaran PJOK
Dilakukan saat penugasan penampilan
bermain Rangku Alu
Kriteria
|
Sangat
baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Kombinasi
lompatan
|
Mampu
melakukan kombinasi lompatan sesuai lagu yang dinyanyikan
|
Mampu
melakukan kombinasi lompatan tidak sesuai lagu yang dinyanyikan
|
Kurang
mampu melakukan kombinasi lompatan yang sesuai dengan lagu yang dinyanyikan
|
Tidak
mampu melakukan kombinasi lompatan sesuai dengan lagu yang dinyanyikan
|
1) Penilaian
sikap muatan matapelajaran Bahasa Indonesia
NO
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang dinilai
|
||
Tanggung
jawab
|
|
Disiplin
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
1
: Kurang
2
: Cukup
3
: Baik
4
: Baik Sekali
|
2)
Penilaian pengetahuan muatan
matapelajaran Bahasa Indonesia
1.
Bagaimanakah cara kita untuk mendapatkan
informasi ?
2.
Bagaimanakah cara menuliskan teks laporan
?
3) Penilaian
keterampilan muatan matapelajaran Bahasa Indonesia
Penilaian
tugas Bahasa Indonesia,yaitu penulisan teks laporan investigasi
Kriteria
|
Sangat
baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Struktur
teks laporan investigasi (devinisi umum,deskripsi bagian ,dan penutup)
|
Memuat
definisi umum,deskripsi bagian,dan penutup secara lengkap
|
Memuat
definisi umum,deskripsi bagian,dan penutup namun kurang lengkap
|
Teks
tidak memuat salah satu aspek (devinisi umum,deskripsi bagian ,dan penutup)
|
Isi
teks
|
Seluruh
Fakta disajikan dengan benar
|
Sebagian
besar fakta disajikan dnegan benar
|
Sebagian
kecil fakta disajikan dnegan benar
|
Keruntutan
|
Seluruh
kalimat runtut
|
Terdapat
1-2 kalimat yang tidak runtut
|
Terdapat
3 atau lebih kalimat yang tidak runtut
|
Tanda
baca dan huruf besar
|
Seluruh
tanda baca dan penggunaan huruf besar digunakan secara tepat
|
Sebagian
besar tanda baca dan penggunaan huruf besar digunakan secara tepat
|
Sebagian
kecil tanda baca dan penggunaan huruf besar digunakan secara tepat
|
H. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
a.
Teks laporan investigasi dengan judul
“Bagaimana Bambu beradaptasi”
b.
Gambar tumbuhan air dan lingkungan
sekolah
2.
Alat
Beberapa bilah bambu
Kertas HVS dan alat tulis
3.
Sumber belajar
Afriki,dkk.2015.Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema
2.”Peratuan dalam Perbedaan” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.Jakarta:Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Afriki,dkk.2015.Buku Guru SD/MI
Kelas VI Tema 2.”Peratuan dalam Perbedaan” Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013.Jakarta:Kemneterian Pendidikan dan Kebudayaan