Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN kelas 6 tema wirausaha


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       
Kelas/Semester             : VI / 1
Tema/Subtema/PB        : Wirausaha/Kerja keras Berbuah Kesuksesan
Alokasi Waktu               : 1 x Pertemuan ( 6 x 35 Menit )

A.Kompetensi Inti ( KI )
1.Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
     Mulia

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

PPKn

1.2.Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
      1.2.1.Mematuhi ajaran agama yang dianutnya
2.1.Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
      2.1.1. Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
3.6.Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
     3.6.1. Menjelaskan hubungan ketergantungan masyarakat Indonesia
4.6.Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.
      4.6.1.Mengidentifikasi keberagaman masyarakat Indonesia sebagai modal dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik.

SBdP

1.1.Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
    1.1.1. .Menunjukkan perilaku bersyukur atas anugerah Tuhan terhadap karya seni yang
      Diapresisi.
2.2.Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
      2.2.1.Menunjukkan perilaku kreatif dalam memanfaatkan alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4.Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan
   3.4.1.Membuat produk kerajinan tangan dari barang bekas
4.16.Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
     4.16.1.Melatih keterampilan menempel dan membentuk dengan membuat celengan dari koran bekas.

MATEMATIKA

1.1.Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya dalam memecahkan  masalah sederhana dengan melibatkan bangun datar atau ruang
      1.1.1.Menunjukkan perilaku bersyukur atas banyaknya benda ciptaan Tuhan yang berbentuk bangun datar dan ruang
2.1.Menunjukkan sikap cermat, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah   menyerah, serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
     2.1.1. menunjukkan perilaku teliti dalam Memecahkan masalah sederhana dengan melibatkan bangun datar atau ruang
 3.8.Memecahkan masalah sederhana dengan melibatkan bangun datar atau ruang seperti  juring,  busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
      3.8.1.Membedakan beberapa bangun datar atau ruang seperti  juring,  busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut
4.4 Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volume
      4.4.1.Membuktikan dan menghitung volume bangun gabungan kubus dan balok

C. Tujuan Pembelajaran

1 Setelah membaca sumber bacaan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman masyarakat Indonesia
2..Setelah mengapresiasi karya seni, siswa dapat membuat produk kerajinan tangan dari barang bekas dengan rasa syukur , teliti dan kreatif.
3 .Setelah melakukan percobaan, siswa dapat,menghitung volume bangun ruang gabungan sederhana
4.Dengan diskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan saling ketergantungan masyarakat Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.
5.Dengan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi keberagaman masyarakat Indonesia serta hubungan saling ketergantungan sebagai modal dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik dengan tepat.
6.Dengan eksplorasi dan latihan hitungan, siswa mampu membuktikan konsep volume bangun gabungan kubus dan balok serta menghitung volumenya dengan cermat.
7.Dengan kreasi membuat benda dari kertas bekas, siswa mampu melatih keterampilan menempel dan membentuk dengan kreatif.
8.Dengan eksplorasi dan mengerjakan soal-soal pemecahan masalah, siswa mampu memecahkan masalah sederhana yang melibatkan prisma, silinder, piramida, dan kerucut dengan cermat

D. Materi Pembelajaran
1. PPKn                             :Membaca dan menganalisis bagan
2. SBdP                             :Membuat celengan dari kertas bekas
3. MATEMATIKA            :Melakukan  eksplorasi bentuk bangun ruang kubus dan balok
  
    E.Metode Pembelajaran
   1.Metode : diskusi, tanya jawab, latihan, penugasan.
   2.Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/   mengolah informasi, dan mengomunikasikan]


F.Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.Guru menyampaikan materi sebelumnya dan mengaitkankannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
4.Guru memberikan motivasi agar siswa belajar dengan giat
10 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa membaca berantai tentang cerita “Tukang Koran yang Jujur”
2. Siswa diminta tanya jawab pertanyaan dari bacaan
3. Siswa menganalisis bagan
 













4.Guru dapat melakukan penilaian sikap saat siswa menganalisis bagan
5. Siswa ditugaskan menganalisis informasi tentang hubungan saling  ketergantungan antara warga masyarakat di lingkungan Pak Bambang.
6. siswa menuliskan kesimpulan hubungan antara
usaha Pak Bambang dengan badan usaha atau warga di sekitarnya
7. Siswa ditugaskan mewawancarai seorang tokoh (nara sumber) di sekitar lingkungan mereka yang menginspirasi karena kejujurannya. Tokoh tersebut tidak harus pengusaha, bisa saja guru, staf sekolah, atau teman
8. Siswa ditugaskan menulis pencapaian tokoh tersebut karena kejujuran dan kerja kerasnya serta hubungan saling ketergantungan antara tokoh tersebut dengan warga yang beragam di lingkungannya
9. Siswa saling mengomunikasikan isi cerita secara lisan kepada seorang teman yang lain
10. Siswa ditugaskan berkreasi membuat celengan dari kertas bekas menggunakan balon sebagai cetakan, instruksi yang ada di buku.
11.Guru memastikan semua siswa mengerjakan dengan teliti
12.Siswa mengikuti instruksi pembuatan celengan dari koran bekas
13.Siswa melakukan kegiatan eksplrorasi dengan langkah-langkah sbb:
a.Masukkan pasir ke dalam bangun 1 hingga penuh.
b.Masukkan pasir ke dalam bangun 2 hingga penuh.
c.Pindahkan pasir dari bangun 1 dan bangun 2 ke dalam bangun .
14.Dari langkah kegiatan,  siswa mengemukakan pendapatnya atas volume bangun ruang
15.Siswa menghitung volume bangun ruang
190 menit
Penutup
1.Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi.
2.Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar.
3.Guru memberikan tugas.
4.Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 menit

G. Penilaian
1.Teknik Penilaian

      a.Penilaian sikap                     :Patuh, Kreatif, dan cermat
      b.Penilaian Pengetahuan      : Essay
      c.Penilaian Keterampilan      :Unjuk kerja/Penugasan

2.Bentuk Instrumen Penilaian

a.      Penilaian sikap
NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK YANG DINILAI
PATUH
KREATIF
CERMAT















KETERANGAN
1: Kurang
2: Cukup
3: Baik
4: Baik sekali

        b.Penilaian Pengetahuan P PKn
Tukang Koran yang Jujur
“Ingatlah untuk selalu jujur di mana pun kamu berada, ”pesan Pak Bambang yang selalu diucapkan untuk para loper yang mengantarkan koran ke pelanggannya. Pak Bambang adalah seorang tokoh pengusaha yang sukses di desa Wonosari kabupaten Solo. Ia adalah pemilik agen koran yang cukup besar di kota Solo. Ia juga memiliki beberapa toko buku kecil yang tersebar di sejumlah kecamatan. Usaha Pak Bambang bermula dari pekerjaannya sebagai seorang loper koran.
“Dulu saya juga seorang loper yang mengantar koran ke rumah pelanggan. Saya melakukannya setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah,” ujar Pak Bambang mengawali kisahnya. “Pada suatu pagi, saya menemukan sebuah dompet tergeletak di jalan dekat rumah. Saya memberanikan diri membuka dompet itu untuk mencari identitas pemiliknya. Di dalamnya terdapat lembaran ratusan ribu, jumlah yang
sangat banyak untuk saya saat itu. Saya tidak menghiraukannya. Dompet itu saya kembalikan kepada sang pemilik, yang ternyata adalah pelanggan koran saya,” lanjut Pak Bambang menceritakan kisahnya.Karena kejujurannya, pemilik dompet kemudian meminjamkan sebuah tempat yang cukup strategis kepada Pak Bambang untuk memulai usahanya. Ketika usahanya mulai berkembang, ia mengganti sewa tempat
tersebut dengan harga yang murah. Jujur, kerja keras, disertai dengan doa menjadi modal Pak Bambang mengembangkan usahanya hingga sebesar sekarang. “Sebuah usaha dapat berjalan atas dasar kepercayaan. Kepercayaan dibangun di atas kejujuran, “ ujar Pak Bambang menutup kisahnya.

Sikap apa yang dimiliki oleh Pak Bambang ketika menjadi seorang loper koran?
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________
Bagaimana sikap Pak Bambang tersebut mempengaruhi kehidupannya?
______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________


1.Penilaian tugas PPKn: wawancara nara sumber tentang pentingnya kejujuran

Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Mendengarkan

Selalu
mendengarkan
narasumber yang
sedang berbicara
Kurang
menyimak

Masih perlu
diingatkan untuk
menyimak.

Sering
diingatkan
untuk
menyimak
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
dan suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.

Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.

Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Tulisan laporan
wawancara

Tulisan siswa
berisi:
-Pentingnya
kejujuran.
-Profil singkat
narasumber.
-Hubungan
keterangan.
-Ketepatan
manfaat sikap
tokoh dengan
masyarakat
sekitar.
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
di kolom 2.

Memenuhi 2
dari 4 kriteria di kolom 2

Memenuhi 1
dari 4 kriteria
di kolom 2


2.Penilaian tugas SBdP: membuat celengan kertas.

Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Sikap dan apresiasi
Siswa menunjukkan
sikap:
-Bertanggung
jawab dengan
tugasnya.
-Tertib saat
mengerjakan
tugas.
-Mandiri.
-Menghargai hasil
karya.
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
di kolom 1.

. Memenuhi 2
dari 4 kriteria
di kolom 1.

Memenuhi
1 dari 4
kriteria di
kolom 1.

Keterampilan dasar
Siswa mampu
melakukan:
-Menyobek kertas
Mengguntingkertas
-Menempel kertas
di permukaan
balon

Memenuhi 2
dari 3 kriteria
di kolom 1.

Memenuhi 1
dari 3 kriteria
di kolom 1.

Tidak
memenuhi 1
kriteria.

Mengomunikasikan
Siswa mampu
menceritakan proses
pembuatan celengan
dengan:
-Berurutan.
-Tahapan yang
lengkap.
-Jelas dan mudah
dimengerti.
-Menyebutkan alat dan bahan secara lengkap.
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
di kolom 1.

Memenuhi 2
dari 4 kriteria
di kolom 1.

Hanya
memenuhi
1 dari 4
kriteria di
kolom 1.


H.Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.Media   :
a.Teks bacaan dengan judul “Tukang Koran yang Jujur”
2.Alat: Kubus, balok, pasir
3.Sumber pembelajaran:
a.Warga di sekitar lingkungan sekolah yang dikenal dengan kejujurannya
b.Angie Siti Anggari,dkk,2015, Buku Siswa SD/MI Tema 5 “Wirausaha” Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Angie Siti Anggari,dkk,2015, Buku Guru SD/MI Tema 5 “Wirausaha” Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan


Blog Archive