SENI KETERAMPILAN ANAK MELALUI :
SENI MUSIK / BERMAIN ALAT MUSIK SEDERHANA
I. Latar Belakang
Dalam
memenuhi kebutuhan perkembangan pada anak usia dini, khususnya dalam hal seni,
hendaknya memperhatikan bakat dan kemampuan anak didik kita masing-masing.
Salah satu bakat atau minat pada anak tersebut yang berhubungan dengan seni
diantaranya seni musik.
Kecerdasan bermusik mencakup
kepekaan dan penguasaan terhadap nada, irama, pola-pola ritme, tempo,
instrumen, ekspresi musik, hingga seseorang dapat menyanyikan lagu, bermain
musik dan menikmati musik.
II. Hakekat Pendidikan Seni :
- Pengertian seni secara umum adalah :
Hasil kreasi dan kreatifitas
yang diolah secara halus dan sederhana. Perwujudan seni bergerak diwujudkan
melalui ketekunan dan kehalusan budi yang sangat ditentukan oleh ilmu, moral,
dan ketaqwaan manusianya terhadap Sang Pencipta.
- Manfaat/fungsi pendidikan seni adalah
:
”Sebagai media untuk memenuhi
perkembangan anak baik fisik maupun mental, serta meningkatkan kemampuan bidang
keahliannya.”
- Jenis pendidikan seni :
” Seni rupa, seni musik, seni
tari, seni sastra, seni drama”
III. Pengelolaan Seni Keterampilan Anak
- Keterampilan Bermain Musik
· Musik adalah : bagian dari kehidupan dan
perkembangan jiwa manusia yang merupakan kekuatan dasar yang efektif untuk
menenangkan dan mendatangkan inspirasi orang banyak.
· Jenis-jenis musik:
a. Musik Klasikal
b. Musik Populer
c. Musik Rock
Dalam
pengimitasian alat musik dimaksudkan memberi kesempatan pada anak untuk
mengeksplorasi berbagai sumber bunyi instrumen dengan menggunakan bahan yang
mudah diperoleh di lingkungan sekitar kita, sehingga akan memperoleh beberapa
alat musik sederhana.
- Perencanaan
-
Bahan
dari apa yang akan dibuat keterampilan
Contoh : Botol bekas air
mineral
-
Bentuk
yang akan dibuat, botol mineral tadi diisi oleh batu-batuan/biji-bijian
-
Hasil
dari seni keterampilan ini adalah alat musik sederhana yang menghasilkan bunyi
yang berirama
- Pengadaan
-
Menyediakan
bahan yang akan dibuat keterampilan
-
Memberikan
petunjuk cara membuatnya dan menggunakannya
- a. Penggunaan :
-
Untuk
mengenal alat musik sederhana
-
Untuk
merangsang imajinasi anak
-
Untuk
menghidupkan suasana
-
Mengenal
dan membedakan benda ciptaan Tuhan
-
Memahami
irama musik yang dibawakan
b. Evaluasi
-
Dengan
menciptakan alat musik seperti ini anak diharapkan akan lebih kreatif, serta
dapat memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar kita.
IV. Pemilihan dan Pengembangan Seni Keterampilan Anak
1) Pemilihan Seni Keterampilan Anak
Jenisnya : Keterampilan bermain musik
Musik Populer Anak
Dengan menggunakan alat musik sederhana
Diiringi lagu : ”Pada Hari Jum’at”
Pada hari Jum’at kuturut Ayah ke Mesjid
Pakai baju koko, celana panjang dan kopeah
Ku duduk depan Pa Ustad yang sedang ceramah
Bercerita tentang Islam, betapa asiknya
Sik asik, asik, asik, asik, berjamaah
Sik asik, asik, asik, asik, sholah jum’at
2) Pengembangan Seni Keterampilan Anak
-
Ada
tiga aspek penunjang dalam pengembangan seni musik pada anak usia dini, adalah
:
a. Pengembangan fisik : baik motorik
halus/kasar
b. Pengembangan sosial : kegiatannya
dilakukan bersama-sama serta memberikan kesempatan kepada anak mengenal
keragaman budaya
c. Pengembangan intelektual : melatih
berfikir anak
3) Prinsip Pembuatan dan Pemanfaatannya :
-
Belajar
berhemat, memanfaatkan benda yang ada di sekitar, mengenal jenis musik yang
dimainkan.
-
Pemanfaatannya
adalah : dapat menunjang terhadap perkembangan seni musik pada anak
V. Pembuatan Seni
Keterampilan Anak Melalui Alat Permainan Edukatif
1)
Pengertian
APE : ”Berbagai kegiatan dalam penyampaian pengembangan pada anak dengan
menggunakan alat bermain yang digunakan atau dimainkan di dalam kelas.”
Contoh :
Puzzle, balok-balok, plastisin, alat musik, boneka, dsb.
2)
Tujuannya
:
-
Anak
mengenal dan menyebutkan alat permainan yang ada di dalam kelas.
-
Merangsang
imajinasi anak saat memainkan alat permainan tersebut.
-
Dapat
bersosialisasi dengan teman sewaktu bermain.
-
Memberikan
kesempatan pada anak untuk memilih jenis alat permainan yang ada di dalam, yang
dia sukai.
3)
Fungsinya
:
-
Dapat
mengembangkan aspek-aspek perkembangan pada anak
Seperti :
pembiasaan, bahasa, kognitif, motorik halus/kasar, seni.
4)
Pembuatannya
:
a. Nama :
menciptakan alat musik sederhana
b. Fungsinya :
-
Terampil
menciptakan alat musik
-
Memanfaatkan
benda di sekitar kita
-
Untuk
merangsang imajinasi anak
-
Terampil
memadukan musik dengan lirik lagu
c. Bahan yang diperlukan
-
Mengumpulkan
botol air mineral bekas dan galon bekas
-
Mengumpulkan
biji-bijian dan batu kerikil
d. Teknik Pembuatan
Setiap botol
diisi dengan benda yang berbeda. Misalnya batuan, kerikil, biji-bijian ataupun
kacang-kacangan.
e. Cara Penggunaan
Botol yang
sudah terisi dikocok dan yang tidak terisi dipukul.
5)
Praktek
Pembelajarannya
-
Anak-anak
disuruh membentuk lingkaran. Setelah rapi, guru membagikan botol yang sudah
terisi. Ada yang isinya batu, ada isinya kerikil, ada yang isinya biji-bijian.
-
Pada
setiap anak setelah memegang semua, barulah botol-botol tersebut digerakkan
dengan cara dikocok-kocok dan yang kebagian botol galon caranya dipukul.
-
Dilakukannya
baik bersama-sama ataupun bergantian, sesuai dengan jenis lagu yang
dinyanyikannya.