1
“MENGUMPULKAN
INFORMASI DAN
MEMINDAI LINGKUNGAN”
1.1
Komponen dari Sistem Informasi Pemasaran modern
Meskipun setiap manajer dalam
suatu organisasi perlu mengamati lingkungan luar, tanggung jawab utama untuk
mengidentifikasi perubahan pasar yang signifikan jatuh ke pemasar perusahaan.
Mereka memiliki dua keuntungan: mereka memiliki metode disiplin untuk
mengumpulkan informasi, dan mereka menghabiskan banyak waktu daripada orang
lain berinteraksi dengan pelanggan dan mengamati kompetisi dan perusahaan luar
lainnya dan kelompok.
Beberapa perusahaan telah
mengembangkan sistem informasi pemasaran yang menyediakan manajemen dengan
detail yang kaya tentang pembeli , preferensi, dan perilaku.
Pemasar juga memiliki informasi
yang luas tentang bagaimana pola konsumsi bervariasi di seluruh negara. Pada
basis per kapita di Eropa Barat, misalnya, Swiss mengkonsumsi banyak coklat,
orang-orang Yunani paling banyak mengkonsumsi keju, orang Irlandia yang paling
banyak minum teh, dan Austria paling banyak perokok .
Namun demikian, banyak perusahaan
bisnis yang tidak canggih tentang pengumpulan informasi. Banyak yang tidak
memiliki departemen riset pemasaran. Lainnya memiliki departemen yang membatasi
kerja untuk peramalan rutin, analisis penjualan, dan survei sesekali. Setiap
perusahaan harus mengatur dan mendistribusikan aliran kontinu informasi kepada
manajer pemasaran. Sebuah sistem informasi pemasaran (MIS) terdiri dari
orang-orang, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis,
mengevaluasi, dan mendistribusikan diperlukan, tepat waktu, dan informasi yang
akurat kepada pembuat keputusan pemasaran. Sebuah sistem informasi pemasaran
mengandalkan catatan internal perusahaan, kegiatan intelijen pemasaran, dan
riset pemasaran. Kita akan membahas dua topik pertama di sini, dan yang ketiga
di bab berikutnya.
1.2
Catatan internal dan intelejen pemasaran
Manajer pemasaran mengandalkan laporan internal
pesanan, penjualan, harga, biaya, tingkat persediaan, piutang, hutang, dan
sebagainya. Dengan menganalisis informasi ini, mereka bisa melihat peluang
penting dan masalah.
1.3
Orde untuk Siklus Pembayaran
Departemen penjualan mempersiapkan
faktur, mentransmisikan salinan ke berbagai departemen, dan pesanan kembali
keluar dari stok barang. Item dikirim melalui pengiriman dan penagihan dokumen
ke berbagai departemen.
Perusahaan saat ini perlu
melakukan langkah-langkah cepat dan akurat, karena pelanggan mendukung
perusahaan-perusahaan yang bisa menjanjikan pengiriman tepat waktu. Peningkatan
jumlah perusahaan yang menggunakan internet dan ekstranet untuk meningkatkan
kecepatan, akurasi, dan efisiensi untuk siklus pembayaran. Cisco Connection
Online memungkinkan pemimpin-jaringan komputer untuk menghubungkan dengan
segala pemasok, produsen, pelanggan, dan reseller online. Dengan mengurangi
siklus pembayaran untuk pemasok, menghilangkan pembelian berbasis kertas, dan
mengurangi tingkat persediaan, Cisco disimpan lebih dari $ 24 juta dalam biaya
bahan dan $ 51 juta biaya tenaga kerja per tahun pada tahun-tahun pertama
operasi program.
1.4
Sistem Informasi Penjualan
Manajer pemasaran membutuhkan
laporan tepat waktu dan akurat tentang penjualan saat ini. Wal-Mart beroperasi
dalam penjualan dan persediaan gudang data yang menangkap data pada setiap
item, untuk setiap pelanggan, untuk setiap toko, setiap hari dan bahkan setiap
jam.
1.5
Sistem Intelijen Pemasaran
Data hasil persediaan sistem
catatan internal, tetapi sistem intelijen pemasaran memasok data yang terjadi.
Sebuah sistem intelijen pemasaran adalah serangkaian prosedur dan sumber
manajer digunakan untuk memperoleh informasi sehari-hari tentang perkembangan
di lingkungan pemasaran. Manajer pemasaran mengumpulkan intelijen pemasaran
dengan membaca buku, surat kabar, dan publikasi perdagangan; berbicara dengan
pelanggan, pemasok, dan distributor; pemantauan "media sosial" di
Internet melalui kelompok diskusi online, daftar e-mail dan blog; dan pertemuan
dengan manajer perusahaan lain.
Sebuah perusahaan dapat mengambil
beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas intelijen pemasaran, yaitu :
1. Melatih
dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan
baru. Perusahaan harus "menjual" tenaga penjualan pada kepentingan
mereka sebagai pengumpul intelijen. Sebagai contoh : beberapa pelanggan yang
menggunakan bahan waterproofing Kasih karunia kedap suara mobil mereka dan
sepatu bot Patch dan tenda. Tujuh ide-ide baru-produk muncul, bernilai jutaan
dalam penjualan.
2. Memotivasi
distributor, pengecer, dan perantara lain untuk menyampaikan intelijen penting.
Banyak perusahaan mempekerjakan spesialis untuk mengumpulkan intelijen
pemasaran. Penyedia layanan dan pengecer menilai kebersihan fasilitas, kualitas
produk, dan cara karyawan memperlakukan pelanggan.
3. Jaringan
eksternal. Perusahaan dapat membeli produk pesaing; menghadiri open house dan
pameran dagang; membaca laporan pesaing diterbitkan; menghadiri pertemuan
pemegang saham; berbicara dengan karyawan, dealer, distributor, pemasok, dan
agen kargo; mengumpulkan iklan pesaing; dan mencari berita tentang pesaing.
4. Mengatur
panel penasehat pelanggan. Anggota mungkin termasuk pelanggan perwakilan
pelanggan terbesar perusahaan atau pelanggan yang paling vokal atau canggih.
5. Mengambil
keuntungan dari sumber daya pemerintah data. 2000 Sensus AS memberikan
pandangan mendalam pada ayunan populasi, kelompok demografis, migrasi regional,
dan cha ing struktur keluarga dari 281.421.906 orang.
6. Pembelian
informasi dari pemasok luar. Perusahaan penelitian tersebut mengumpulkan data
pelanggan panel dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada perusahaan bisa
mengelola sendiri.
1.6
Menganalisis lingkungan makro
Perusahaan yang sukses mengenali
dan menanggapi menguntungkan untuk kebutuhan yang tidak terpenuhi dan tren.
1.6.1
Kebutuhan dan Tren
Perusahaan berhasil menciptakan
solusi baru untuk kebutuhan yang tak terpenuhi. FedEx diciptakan untuk memenuhi
kebutuhan pengiriman surat hari berikutnya.
Sebuah tren adalah arah atau
urutan peristiwa yang memiliki beberapa momentum dan daya tahan. Tren yang
lebih dapat diprediksi dan tahan lama dibandingkan mode. Sebuah tren
mengungkapkan bentuk masa depan dan memberikan banyak kesempatan. Misalnya,
persentase orang yang menghargai kebugaran fisik dan kesejahteraan telah
meningkat terus selama bertahun-tahun, terutama pada kelompok bawah-3D,
perempuan muda, konsumen kelas atas, dan orang-orang yang tinggal di Barat.
Sebuah peluang pasar baru tidak
menjamin kesuksesan, bahkan jika produk secara teknis layak. Sebagai contoh,
beberapa perusahaan menjual portable "buku elektronik" atau
"e-book"; tapi mungkin tidak ada dalam jumlah yang memadai orang
tertarik membaca buku di layar komputer atau bersedia membayar harga yang
diperlukan. Inilah sebabnya mengapa riset pasar diperlukan untuk menentukan
potensi keuntungan kesempatan ini.
Untuk membantu pemasar melihat
pergeseran budaya yang mungkin membawa peluang atau ancaman baru, beberapa
perusahaan menawarkan prakiraan sosial budaya. Wawancara Yankelovich Memantau
2.500 orang secara nasional setiap tahun dan telah dilacak 35 tren sosial sejak
tahun 1971, seperti "anti-ukuran besar," "mistisisme,"
"hidup untuk hari ini," "jauh dari harta," dan
"sensuousness."
1.7
Mengidentifikasi Angkatan Major
Perusahaan dan pemasok mereka,
perantara pemasaran, pelanggan, pesaing, dan publik semua beroperasi di
lingkungan makro kekuatan dan tren, semakin global, bahwa kesempatan bentuk dan
menimbulkan ancaman. Kekuatan ini merupakan "noncontrollables," perusahaan yang harus memantau dan yang
harus merespon.
Awal abad baru membawa serangkaian
tantangan baru: penurunan curam pasar saham, yang mempengaruhi tabungan,
investasi, dan dana pensiun, pengangguran meningkat, skandal korporasi, dan
tentu saja, munculnya terorisme. Peristiwa dramatis disertai dengan kelanjutan
dari tren yang ada yang telah sangat mempengaruhi lanskap global.
Dalam gambaran global yang berubah
dengan cepat, perusahaan harus memantau enam kekuatan utama: demografi,
ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum. Kami akan
menjelaskan kekuatan-kekuatan ini secara terpisah, tetapi pemasar harus
memperhatikan interaksi mereka, karena ini akan menimbulkan peluang dan ancaman
baru. Misalnya, pertumbuhan penduduk eksplosif (demografi) menyebabkan
penipisan sumber daya lebih dan polusi (alam), yang mengarah konsumen untuk
panggilan untuk hukum yang lebih (politik-hukum), yang merangsang solusi
teknologi baru dan produk (teknologi), yang, jika mereka terjangkau (ekonomi),
benar-benar dapat mengubah sikap dan perilaku (sosial-budaya). "Pemasaran
terobosan: Google" menjelaskan bagaimana perusahaan yang telah berhasil
memanfaatkan lingkungan pemasaran baru.
1.8
Demografi Lingkungan
Ada sedikit alasan untuk menjadi
terkejut oleh perkembangan demografis. The Singer Perusahaan seharusnya tahu
selama bertahun-tahun bahwa bisnis mesin jahit yang akan dirugikan oleh
keluarga yang lebih kecil dan istri lebih kerja, namun lambat dalam merespon.
Kekuatan demografi utama yang
memonitor pemasar adalah populasi, karena orang membuat pasar. Pemasar sangat
tertarik dalam ukuran dan tingkat pertumbuhan penduduk di kota-kota, daerah,
dan negara-negara, distribusi usia dan campuran etnis, tingkat pendidikan, pola
rumah tangga, dan karakteristik daerah dan gerakan.
1.9
Pertumbuhan Populasi di seluruh dunia
Populasi dunia menunjukkan
pertumbuhan eksplosif: itu mencapai 6,1 miliar pada tahun 2000 dan akan
melebihi 7,9 miliar pada tahun 2025,25 Berikut adalah gambar yang menarik:
Jika dunia adalah desa 1.000
orang, itu akan terdiri dari 520 perempuan dan 480 laki-laki, 330 anak-anak, 60
orang di atas usia 65, 10 lulusan perguruan tinggi, dan 335 orang dewasa yang
buta huruf. Desa akan berisi 52 Amerika Utara, 55 Rusia, 84 Amerika Latin, 95
Timur dan Eropa Barat, 124 orang Afrika, dan 584 orang Asia. Komunikasi akan sulit
karena 165 orang akan berbicara Mandarin, 86 Inggris, 83 Hindi / Urdu, 64
Spanyol, 58 Rusia, dan 37 Arab, dan sisanya akan berbicara salah satu dari
lebih dari 200 bahasa lain. Akan ada 329 orang Kristen, 178 Muslim, Hindu 132,
62 Buddha, 3 orang Yahudi, 167 nonreligius, 45 ateis, dan 84 others.26
Ledakan penduduk telah menjadi
sumber perhatian utama. Selain itu, pertumbuhan penduduk tertinggi di
negara-negara dan masyarakat yang paling mampu membelinya. Daerah yang kurang
berkembang di dunia saat ini mencapai 76% dari populasi dunia dan tumbuh
sebesar 2% per tahun, sedangkan populasi di negara-negara yang lebih maju
tumbuh pada hanya 0,6% per tahun. Di negara berkembang, angka kematian telah
jatuh sebagai akibat dari obat modern, tetapi angka kelahiran tetap cukup
stabil. Makan, pakaian, dan mendidik anak-anak, meskipun juga dapat
meningkatkan standar hidup, hampir mustahil di negara-negara tersebut.
Pertumbuhan penduduk eksplosif
memiliki implikasi besar untuk bisnis. Sebuah pertumbuhan populasi tidak berarti
pasar berkembang, kecuali pasar ini memiliki daya beli yang cukup. Meskipun
demikian, perusahaan yang hati-hati menganalisis pasar mereka dapat menemukan
peluang besar.
1.10
Penduduk Umur Mix
Populasi nasional bervariasi dalam
campuran usia mereka. Penduduk terekstrim adalah Meksiko, negara dengan
populasi yang sangat muda dan pertumbuhan penduduk yang cepat. Pada ekstrim
yang lain adalah Jepang, sebuah negara dengan salah satu populasi tertua di
dunia. Susu, popok, perlengkapan sekolah, dan mainan akan produk yang lebih
penting di Meksiko daripada di Jepang. Secara umum, ada kecenderungan global
menuju populasi yang menua. Pada tahun 2005, populasi orang berusia 60 atau
lebih melampaui proporsi balita, dan tidak mungkin bahwa ada akan pernah lagi
menjadi lebih balita dari senior.
Pemasar umumnya membagi populasi
menjadi enam kelompok umur: anak prasekolah, anak-anak usia sekolah, remaja,
dewasa muda usia 20 sampai 40, orang dewasa setengah baya usia 40-65, dan orang
dewasa yang lebih tua usia 65 dan ke atas. Beberapa pemasar ingin fokus pada
kohort. Kohort adalah kelompok individu yang lahir selama periode waktu yang
sama dan perjalanan melalui kehidupan bersama-sama.
1.11
Etnis dan lain Pasar
Negara juga bervariasi dalam etnis
dan ras makeup. Penduduk terekstrim adalah Jepang, di mana hampir semua orang
Jepang; dan lainnya adalah Amerika Serikat, di mana orang-orang datang dari
hampir semua negara.
Menurut sensus 2000, penduduk AS
dari 276.200.000 adalah 72% Putih. Afrika Amerika merupakan 13%, dan 11% Hispanik.
Populasi Hispanik telah tumbuh cepat, dengan subkelompok terbesar dari Meksiko
(5,4%), Puerto Rico (1,1%), dan Kuba (0,4%) keturunan. Pada tahun 2020,
Hispanik diharapkan untuk membuat 18,9% ofthe populasi. Amerika Asia merupakan
3,8% dari penduduk AS, dengan Cina sebagai kelompok terbesar, diikuti oleh
Filipina, Jepang, India Asia, dan Korea, dalam urutan itu. Konsumen Hispanik
dan Amerika Asia awalnya terkonsentrasi di bagian barat jauh dan selatan negara
itu, tetapi meningkatkan penyebaran berlangsung. Selain itu, hampir 25 juta
orang yang tinggal di Amerika Serikat-lebih dari 9% dari populasi-lahir di
negara lain.
Makanan beberapa, pakaian, dan
furniture perusahaan telah diarahkan produk dan promosi mereka untuk satu atau
lebih kelompok etnis. Namun pemasar harus berhati-hati untuk tidak lebih
menggeneralisasikan.
1.12
Grup pendidikan
Populasi dalam setiap masyarakat
jatuh ke dalam lima kelompok pendidikan: buta huruf, putus sekolah tinggi,
diploma sekolah tinggi, gelar sarjana, dan gelar profesional. Lebih dari dua
pertiga dari 785 juta orang dewasa yang buta huruf di dunia ditemukan di hanya
delapan negara (India, Cina, Bangladesh, Pakistan, Nigeria, Ethiopia,
Indonesia, dan Mesir), dari semua orang dewasa buta huruf di dunia, dua pertiga
adalah HIV.34 Amerika Serikat memiliki salah satu persentase tertinggi di dunia
dari warga berpendidikan tinggi, sekitar 36%. Jumlah besar orang berpendidikan
di Amerika Serikat mantra permintaan yang tinggi untuk buku-buku berkualitas,
majalah, dan perjalanan, dan pasokan yang tinggi keterampilan.
1.13
Pola rumah tangga
The "rumah tangga
tradisional" terdiri dari suami, istri, dan anak-anak (dan kadang-kadang
kakek-nenek). Namun, pada tahun 2010, hanya satu dari lima rumah tangga AS akan
terdiri dari pasangan menikah dengan anak-anak di bawah usia 18. Lain
diproyeksikan komposisi rumah tangga tunggal (27%), keluarga orang tua tunggal
(8%), pasangan menikah tanpa anak (32%), hidup dengan nonrelatives hanya (5%).
dan struktur keluarga lainnya (8%). 35
Lebih banyak orang yang bercerai
atau memisahkan, memilih untuk tidak menikah, menikah nanti, atau menikah tanpa
niat untuk memiliki anak. Setiap kelompok memiliki seperangkat khas kebutuhan
dan kebiasaan membeli. Misalnya, orang-orang dalam kelompok SSWD (tunggal,
dipisahkan, janda, bercerai) perlu apartemen kecil; murah dan lebih kecil
peralatan, furnitur, dan perabot; dan paket makanan-ukuran yang lebih kecil.
1.14
Pergeseran geografis dalam Populasi
Ini adalah periode pergerakan
migrasi besar antara dan di dalam negara. Meskipun Amerika Serikat mengalami
rebound pedesaan di tahun 1990-an ketika negara non metropolitan menarik
sejumlah besar pengungsi urban, abad kedua puluh satu melihat pasar perkotaan
berkembang lebih pesat lagi, karena tingkat yang lebih tinggi kelahiran, tingkat
kematian yang lebih rendah, dan pertumbuhan yang cepat dari imigrasi asing.
Gerakan ke negara-negara Sunbelt
telah mengurangi permintaan untuk pakaian dan peralatan pemanas rumah hangat
dan meningkatkan permintaan untuk AC. Mereka yang tinggal di kota-kota besar
seperti New York, Chicago, dan San Francisco account untuk sebagian besar
penjualan bulu mahal, parfum, koper, dan karya seni. Kota ini juga mendukung
opera, balet, dan bentuk lain dari budaya.
1.15 lingkungan
Makro Utama Lainnya
Pasukan lingkungan makro lainnya
sangat mempengaruhi nasib pemasar. Di sini kita meninjau perkembangan
lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum.
1.15.1
Lingkungan ekonomi
Daya beli yang tersedia dalam
suatu perekonomian tergantung pada pendapatan saat ini, harga, tabungan, utang,
dan ketersediaan kredit. Pemasar harus perhatikan tren yang mempengaruhi daya
beli, karena mereka dapat memiliki dampak yang kuat pada bisnis, terutama bagi
perusahaan yang produknya ditujukan untuk berpenghasilan tinggi dan konsumen
sensitif terhadap harga.
DISTRIBUSI PENDAPATAN Ada empat
jenis struktur industri : ekonomi
subsisten seperti Papua Nugini, dengan beberapa peluang bagi pemasar; ekonomi
bahan baku-ekspor seperti Republik Demokratik Kongo (tembaga) dan Arab Saudi
(minyak), dengan pasar yang baik untuk peralatan, peralatan, perlengkapan, dan
barang-barang mewah untuk orang kaya; industrialisasi ekonomi seperti India,
Mesir, dan Filipina, di mana kelas kaya baru dan permintaan kelas menengah yang
tumbuh jenis baru barang; dan ekonomi industri seperti negara-negara di Eropa
Barat, yang merupakan pasar kaya untuk segala macam barang.
Pemasar sering membedakan negara
menggunakan lima pola distribusi pendapatan yang berbeda: (1) pendapatan sangat
rendah; (2) pendapatan sebagian besar rendah; (3) sangat rendah, pendapatan
yang sangat tinggi; (4) rendah, sedang, tinggi pendapatan; dan (5) pendapatan
sebagian besar media. Mempertimbangkan pasar untuk Lamborghini, mobil biaya
lebih dari $ 150.000. Pasar akan sangat kecil di negara-negara dengan jenis (1)
atau (2) pola pendapatan. Salah satu pasar tunggal terbesar untuk Lamborghini
ternyata Portugal (pola penghasilan 3), salah satu dari negara-negara miskin di
Eropa Barat, tetapi satu dengan keluarga kaya yang cukup untuk membeli mobil
mahal.
Selama tiga dekade terakhir di
Amerika Serikat, orang kaya telah tumbuh lebih kaya, kelas menengah telah
menyusut, dan orang miskin tetap miskin. Dari tahun 1973 hingga 1999,
pendapatan untuk rumah tangga AS di atas 5% dari distribusi pendapatan tumbuh
65%, dibandingkan dengan pertumbuhan 11% untuk tengah seperlima dari rumah
tangga selama periode yang sama.
TABUNGAN, HUTANG, DAN pengeluaran
KREDIT konsumen dipengaruhi oleh tabungan, utang, dan ketersediaan kredit.
Konsumen AS memiliki rasio utang terhadap pendapatan tinggi, yang sJows bawah
pengeluaran lebih lanjut tentang perumahan dan besar-tiket item. Kredit sudah
tersedia di Amerika Serikat tetapi pada suku bunga yang cukup tinggi, terutama
untuk peminjam berpenghasilan rendah. Masalah ekonomi semakin penting bagi
banyak konsumen AS menganggur adalah migrasi produsen dan pekerjaan layanan
lepas pantai.
1.15.2 Budaya
sosial Lingkungan
Masyarakat membentuk keyakinan,
nilai-nilai, dan norma-norma yang sebagian besar menentukan selera konsumen dan
preferensi. Orang menyerap, hampir tidak sadar, pandangan dunia yang
mendefinisikan hubungan mereka untuk diri mereka sendiri, orang lain,
organisasi, masyarakat, dengan alam, dan alam semesta.
1. Dilihat
dari diri mereka. Di Amerika Serikat selama tahun 1960-an dan 1970-an,
"pencari kesenangan" mencari menyenangkan, perubahan. dan melarikan
diri. Lainnya dicari "realisasi diri." Orang-orang membeli mobil
impian dan liburan impian dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan
kesehatan (jogging, tenis), dalam introspeksi, dan dalam seni dan kerajinan
(lihat Tabel 3.3 untuk ringkasan kegiatan waktu luang atas konsumen dan
bagaimana mereka telah berubah selama masa lalu dekade). Hari ini, beberapa
orang yang mengadopsi perilaku yang lebih konservatif dan ambisi.
2. Dilihat
dari orang lain. Orang-orang khawatir tentang tunawisma, kejahatan dan korban,
dan masalah sosial lainnya. Pada saat yang sama, mereka mencari "semacam
sendiri" mereka untuk orang asing yang serius dan tahan lama hubungan dan
menghindari. Kecenderungan ini menandakan pasar yang berkembang untuk produk
dan layanan yang mempromosikan hubungan langsung antara manusia, seperti klub
kesehatan, kapal pesiar, dan kegiatan keagamaan sosial-dukungan. Mereka juga
menyarankan pasar yang berkembang untuk "pengganti sosial" seperti
televisi, home video game, dan chat room di Internet.
3. Dilihat
dari organisasi. Setelah gelombang perampingan perusahaan dan skandal akuntansi
perusahaan, telah terjadi penurunan keseluruhan loyalty.44 organisasi Banyak
orang saat ini melihat pekerjaan bukan sebagai sumber kepuasan, tetapi sebagai
tugas yang diperlukan untuk mendapatkan uang untuk menikmati jam nonwork
mereka. Perusahaan perlu menemukan cara baru untuk memenangkan kembali
kepercayaan konsumen dan karyawan. Mereka perlu memastikan bahwa mereka adalah
warga perusahaan yang baik dan bahwa pesan konsumen mereka honest.45
4. Dilihat
dari masyarakat. Beberapa orang membela masyarakat (preservers), beberapa
menjalankannya (pembuat), beberapa mengambil apa yang mereka dapat dari itu
(pengambil), beberapa ingin mengubahnya (penukaran), beberapa mencari sesuatu
yang lebih dalam (pencari). dan yang lain ingin meninggalkan itu (escapers)
0,46 Pola konsumsi sering mencerminkan sikap sosial. Pembuat cenderung
berprestasi tinggi yang makan, pakaian, dan hidup dengan baik. Changers
biasanya hidup lebih hemat, mengendarai mobil kecil, dan memakai pakaian
sederhana. Escapers dan pencari adalah pasar utama untuk film, musik,
berselancar, dan berkemah.
5. Pemandangan
alam. Orang-orang telah terbangun kerapuhan alam dan finiteness sumber dayanya.
Bisnis telah menanggapi peningkatan minat untuk menjadi selaras \ <\! Engan
dan mengalami alam dengan memproduksi varietas yang lebih luas dari berkemah,
hildng, berperahu, dan alat tangkap seperti sepatu, tenda, ransel, dan
aksesoris.
6. Dilihat
dari alam semesta. Kebanyakan warga AS yang monoteistik, meskipun keyakinan dan
praktik keagamaan telah berkurang selama bertahun-tahun. Gerakan evangelis
tertentu menjangkau untuk membawa orang kembali ke agama. Beberapa ofthe
dorongan keagamaan telah diarahkan ke kepentingan dalam agama-agama Timur,
mistisisme, okultisme, dan gerakan potensi manusia.
Karakteristik budaya lainnya yang menarik untuk pemasar
adalah kegigihan nilai-nilai budaya inti dan keberadaan subkultur. Mari kita
lihat kedua.
1.16
lingkungan Makro Utama Lainnya
Pasukan lingkungan makro lainnya
sangat mempengaruhi nasib pemasar. Di sini kita meninjau perkembangan
lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum.
1.17
Lingkungan ekonomi
Daya beli yang tersedia dalam
suatu perekonomian tergantung pada pendapatan saat ini, harga, tabungan, utang,
dan ketersediaan kredit. Pemasar harus perhatikan tren yang mempengaruhi daya
beli, karena mereka dapat memiliki dampak yang kuat pada bisnis, terutama bagi
perusahaan yang produknya ditujukan untuk berpenghasilan tinggi dan konsumen
sensitif terhadap harga.
DISTRIBUSI PENDAPATAN Ada empat
jenis struktur industri: ekonomi subsisten seperti Papua Nugini, dengan
beberapa peluang bagi pemasar; ekonomi bahan baku-ekspor seperti Republik
Demokratik Kongo (tembaga) dan Arab Saudi (minyak), dengan pasar yang baik
untuk peralatan, peralatan, perlengkapan, dan barang-barang mewah untuk orang
kaya; industrialisasi ekonomi seperti India, Mesir, dan Filipina, di mana kelas
kaya baru dan permintaan kelas menengah yang tumbuh jenis baru barang; dan
ekonomi industri seperti negara-negara di Eropa Barat, yang merupakan pasar
kaya untuk segala macam barang.
Pemasar sering membedakan negara
menggunakan lima pola distribusi pendapatan yang berbeda: (1) pendapatan sangat
rendah; (2) pendapatan sebagian besar rendah; (3) sangat rendah, pendapatan
yang sangat tinggi; (4) rendah, sedang, tinggi pendapatan; dan (5) pendapatan
sebagian besar media. Mempertimbangkan pasar untuk Lamborghini, mobil biaya
lebih dari $ 150.000. Pasar akan sangat kecil di negara-negara dengan jenis (1)
atau (2) pola pendapatan. Salah satu pasar tunggal terbesar untuk Lamborghini
ternyata Portugal (pola penghasilan 3), salah satu dari negara-negara miskin di
Eropa Barat, tetapi satu dengan keluarga kaya yang cukup untuk membeli mobil
mahal.
Selama tiga dekade terakhir di
Amerika Serikat, orang kaya telah tumbuh lebih kaya, kelas menengah telah
menyusut, dan orang miskin tetap miskin. Dari tahun 1973 hingga 1999,
pendapatan untuk rumah tangga AS di atas 5% dari distribusi pendapatan tumbuh
65%, dibandingkan dengan pertumbuhan 11% untuk tengah seperlima dari rumah
tangga selama periode yang sama. Hal ini mengarah ke pasar dua-tier AS, dengan
orang-orang kaya menghabiskan lebih hati-hati, berbelanja di toko diskon dan
mal factory outlet, dan memilih merek toko lebih murah.
Pengecer konvensional barang
menengah-harga yang tawarkan adalah yang paling rentan terhadap perubahan ini.
Perusahaan yang menanggapi tren dengan menyesuaikan produk dan pitches untuk
dua Americas sangat berbeda ini mereka berdiri untuk mendapatkan. Menyadari
bahwa hal itu bisa terjebak dalam "tanah tak bertuan," mengingat
strategi channel yang menekankan pengecer seperti Sears menjual terutama untuk
kelas menengah, Levi-Strauss memperkenalkan lini premium seperti Levi Modal E
ke pengecer kelas atas Bloomingdales, Barney New York, dan lain-lain whiJe juga
memperkenalkan lebih murah Levis Strauss Signature line untuk pengecer pasar
massal seperti Wal-Mart.
TABUNGAN, HUTANG, DAN pengeluaran
KREDIT konsumen dipengaruhi oleh tabungan, utang, dan ketersediaan kredit.
Konsumen AS memiliki rasio utang terhadap pendapatan tinggi, yang sJows bawah
pengeluaran lebih lanjut tentang perumahan dan besar-tiket item. Kredit sudah
tersedia di Amerika Serikat tetapi pada suku bunga yang cukup tinggi, terutama
untuk peminjam berpenghasilan rendah. Masalah ekonomi semakin penting bagi
banyak konsumen AS menganggur adalah migrasi produsen dan pekerjaan layanan lepas
pantai. Dari India, Infosys menyediakan jasa outsourcing untuk Cisco,
Nordstrom, Microsoft, dan lain-lain. 15.000 karyawan yang $ 1,6 bilJion
perusahaan yang berkembang pesat menyewa setiap tahun menerima pelatihan di $
120.000.000 fasilitas Infosys 'luar Bangalore. Di sana mereka belajar
keterampilan teknis serta "lembut" keterampilan mengenai team
building, komunikasi interpersonal, dan pentingnya menjadi duta merek yang
mereka layani.
1.18
Lingkungan alami
Kerusakan lingkungan alam
merupakan masalah global utama. Ada kekhawatiran besar tentang "gas rumah
kaca" di atmosfer akibat pembakaran bahan bakar fosil; tentang penipisan
lapisan ozon akibat bahan kimia tertentu dan pemanasan global; dan tentang
tumbuh kekurangan air. Di Eropa Barat, "hijau" pihak telah penuh
semangat ditekan untuk aksi publik untuk mengurangi polusi industri. Di Amerika
Serikat, para ahli telah mendokumentasikan kerusakan ekologi, dan
kelompok-kelompok pengawas seperti Sierra Club dan Friends of the Earth membawa
masalah ini ke dalam tindakan politik dan sosial.
Peraturan baru memukul industri
tertentu sangat sulit. Perusahaan baja dan utilitas publik harus berinvestasi
miliaran dolar dalam peralatan polusi kontrol dan lebih bahan bakar ramah
lingkungan. Industri sabun meningkat biodegradasi produknya '. Peluang besar
menanti perusahaan dan pemasar yang dapat menciptakan solusi yang mendamaikan
kesejahteraan dengan perlindungan lingkungan. Pertimbangkan bagaimana industri
otomotif telah disesuaikan dengan masalah lingkungan.
Konsumen sering muncul konflik
tentang keputusan produk yang mempengaruhi lingkungan alam. Satu penelitian
menunjukkan bahwa meskipun 80% dari konsumen AS mengatakan keamanan lingkungan
mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk, hanya sedikit lebih dari setengah
menegaskan bahwa mereka dibeli daur ulang atau products.49 lingkungan aman
Orang-orang muda khususnya lebih mungkin merasa bahwa tidak ada yang mereka
lakukan pribadi membuat perbedaan dalam memecahkan masalah lingkungan.
Meningkatkan jumlah produk hijau yang mereka beli membutuhkan konsumen untuk
mematahkan kebiasaan loyalitas mereka, mengatasi skeptisisme tentang motif di
balik pengenalan produk dan tingkat kualitas mereka, dan mengubah sikap mereka
tentang peran produk seperti bermain dalam perlindungan lingkungan. (Lihat
"Pemasaran Insight: Pemasaran Hijau.")
1.19
Teknologi Lingkungan
Salah satu kekuatan yang paling
dramatis membentuk kehidupan masyarakat adalah teknologi. Selama
bertahun-tahun, teknologi telah merilis keajaiban seperti penisilin, operasi
jantung terbuka, dan pil KB, dan kengerian seperti bom hidrogen, gas syaraf,
dan senapan mesin ringan. Hal ini juga dirilis seperti berkat campuran seperti
ponsel dan video game.
Setiap teknologi baru merupakan
kekuatan untuk "penghancuran kreatif." Transistor merugikan industri
tabung vakum, xerografi menyakiti bisnis karbon-kertas, autos menyakiti rel
kereta api, dan televisi menyakiti koran. Alih-alih pindah ke teknologi baru, banyak
industri tua berjuang atau mengabaikan mereka, dan bisnis mereka menurun. Namun
itu adalah inti dari kapitalisme pasar menjadi dinamis dan mentolerir merusak
kreatif teknologi sebagai harga kemajuan.
Jumlah teknologi baru utama kami
menemukan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi. Sayangnya, penemuan
teknologi tidak muncul secara merata melalui waktu-industri kereta api
menciptakan banyak investasi, dan kemudian investasi mereda sampai industri
otomotif muncul. Dalam waktu antara inovasi besar, ekonomi bisa stagnan.
Sementara itu, inovasi kecil mengisi kesenjangan: kopi beku-kering, kombinasi
sampo dan kondisioner, antiperspirant dan deodoran, dan sejenisnya. Mereka
membutuhkan lebih sedikit risiko, tetapi mereka juga dapat mengalihkan upaya
penelitian dari terobosan besar.
Teknologi baru juga menciptakan
konsekuensi besar jangka panjang yang tidak selalu mendatang. Pil kontrasepsi,
misalnya, membantu memimpin keluarga yang lebih kecil, istri lebih kerja, dan
kebijaksanaan yang lebih besar pendapatan-mengakibatkan pengeluaran yang lebih
tinggi tentang wisata liburan, barang tahan lama, dan barang-barang mewah.
Ponsel, video game, dan internet tidak hanya mengurangi perhatian media
tradisional, mereka mengurangi interaksi sosial tatap muka sebagai orang
mendengarkan musik, menonton film di ponsel mereka, dan sebagainya. Teknologi
juga bersaing satu sama lain. Pemasar harus memantau empat tren berikut
teknologi: laju percepatan perubahan, peluang tak terbatas untuk inovasi,
berbagai anggaran R & D, dan peraturan peningkatan perubahan teknologi.
PERCEPATAN DAN PERUBAHAN Banyak
produk umum hari ini yang tidak tersedia 40 tahun yang lalu. Peneliti
elektronik sedang membangun chip cerdas untuk membuat mobil, rumah, dan kantor
terhubung dan lebih responsif terhadap perubahan kondisi. Ide lebih dari
sebelumnya dalam karya, dan waktu antara munculnya ide-ide baru dan
keberhasilan pelaksanaan mereka semua tapi menghilang. Jadi waktu adalah antara
pengenalan dan puncak produksi
PELUANG TIDAK TERBATAS UNTUK
INOVASI Beberapa pekerjaan yang paling menarik saat ini sedang berlangsung di
bidang bioteknologi, komputer, mikroelektronika, telekomunikasi, robotika, dan
bahan desainer. Proyek Genom Manusia berjanji untuk mengantar Biologi Century
sebagai pekerja biotek membuat obat baru medis, makanan baru, dan bahan baru.
Para peneliti sedang bekerja pada vaksin AIDS, kontrasepsi benar-benar aman,
dan nonfattening makanan. Mereka merancang robot untuk pemadam kebakaran,
eksplorasi bawah laut, dan panti jompo.
BERVARIASI R & D APBD sebagian
agrowing US R & D pengeluaran yang terjadi ke sisi pengembangan R & D
sebagai lawan ke sisi penelitian, meningkatkan kekhawatiran tentang apakah
Amerika Serikat dapat mempertahankan keunggulannya dalam ilmu dasar. Banyak
perusahaan yang konten untuk menaruh uang mereka ke dalam menyalin produk
pesaing dan membuat fitur dan gaya minor perbaikan. Bahkan perusahaan riset
dasar seperti DuPont, Bell Laboratories, dan Pfizer adalah melanjutkan dengan
hati-hati, dan lebih konsorsium dari perusahaan tunggal yang mengarahkan upaya
penelitian mereka terhadap terobosan besar.
MENINGKAT PERATURAN TEKNOLOGI
GANTI Pemerintah telah memperluas kekuasaan badan-badannya 'untuk menyelidiki
dan melarang produk yang berpotensi tidak aman. Di Amerika Serikat, Federal
Food and Drug Administration harus menyetujui semua obat sebelum mereka bisa
dijual. Peraturan keselamatan dan kesehatan juga meningkat di bidang makanan,
mobil, pakaian, peralatan listrik, dan konstruksi.
1.20
Lingkungan politik-hukum
Lingkungan politik dan hukum
terdiri dari hukum, instansi pemerintah, dan kelompok penekan yang mempengaruhi
dan membatasi berbagai organisasi dan individu. Kadang-kadang hukum-hukum ini
juga menciptakan peluang baru untuk bisnis. Dua tren utama dalam lingkungan
politik-hukum adalah peningkatan dalam undang-undang bisnis dan pertumbuhan
kelompok kepentingan khusus.
KENAIKAN undang-undang LEGISLASI
BISNIS Bisnis memiliki empat tujuan utama: untuk melindungi perusahaan dari
persaingan tidak sehat, untuk melindungi konsumen dari praktek-praktek bisnis
yang tidak adil, untuk melindungi kepentingan masyarakat dari perilaku bisnis
yang tak terkendali, dan untuk mengisi bisnis dengan biaya sosial yang dibuat
oleh produk atau produksi mereka proses. Meskipun setiap hukum baru mungkin memiliki
alasan yang sah, hal itu juga mungkin memiliki efek yang tidak diinginkan dari
melemahnya inisiatif dan memperlambat pertumbuhan ekonomi.
Undang-undang yang mempengaruhi
bisnis telah meningkat terus selama bertahun-tahun. Komisi Eropa telah aktif dalam
membangun kerangka kerja baru hukum meliputi perilaku kompetitif, standar
produk, kewajiban produk, dan transaksi komersial untuk 25 negara anggota Uni
Eropa. Amerika Serikat memiliki banyak undang-undang tentang buku yang coveling
isu-isu seperti kompetisi, productsafetyand kewajiban, perdagangan yang adil
dan praktik kredit, dan kemasan dan pelabelan.
Beberapa negara telah pergi lebih
jauh dari Amerika Serikat pada meloloskan undang-undang perlindungan konsumen
yang kuat. Norwegia melarang beberapa bentuk perangko promosi
penjualan-perdagangan, kontes, premi-sebagai tidak patut atau "tidak adil"
instrumen untuk mempromosikan produk. Thailand membutuhkan makanan prosesor
menjual merek nasional untuk memasarkan merek-harga rendah juga, sehingga
konsumen lowincome dapat menemukan merek perekonomian. Di India, perusahaan
makanan perlu persetujuan khusus untuk meluncurkan merek yang menduplikasi apa
yang sudah ada di pasar, seperti minuman cola lain atau merek beras.
Perusahaan umumnya menetapkan
ulasan prosedur hukum dan menyebarluaskan standar etika untuk membimbing
manajer pemasaran mereka, dan sebagai bisnis yang lebih terjadi di dunia maya,
pemasar harus menetapkan parameter baru untuk melakukan bisnis elektronik etis.
PERTUMBUHAN KELOMPOK KHUSUS-BUNGA
komite aksi politik (PAC) pejabat pemerintah lobi dan eksekutif bisnis tekanan
untuk lebih memperhatikan hak-hak, hak-hak perempuan, warga senior 'konsumen
hak, hak-hak minoritas, dan hak-hak gay.
Banyak perusahaan telah membentuk
departemen urusan publik untuk menangani kelompok-kelompok ini dan isu-isu.
Kekuatan penting yang mempengaruhi bisnis adalah konsumerisme gerakan-gerakan
yang terorganisir warga dan pemerintah untuk memperkuat hak dan kekuatan
pembeli dalam hubungan dengan penjual. Consumerists telah menganjurkan dan
memenangkan hak untuk mengetahui biaya bunga sejati pinjaman, biaya sebenarnya
per unit standar merek bersaing (harga unit), bahan dasar dalam produk,
kualitas gizi makanan, kesegaran produk, dan manfaat sebenarnya dari produk.
Perusahaan yang bijaksana
membangun urusan konsumen departemen untuk membantu merumuskan kebijakan dan
menyelesaikan dan menanggapi keluhan konsumen.
Jelas, undang-undang baru dan
meningkatnya jumlah kelompok penekan telah menempatkan lebih pengekangan pada
pemasar. Pemasar harus membersihkan rencana mereka dengan hukum, hubungan
masyarakat perusahaan, urusan publik, dan departemen urusan konsumen.
Perusahaan asuransi secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi desain
detektor asap; kelompok ilmiah mempengaruhi desain produk semprot. Pada
intinya, banyak transaksi pemasaran swasta telah pindah ke domain publik.