Blogroll

loading...

Blogger templates

loading...

Media Audio Interaktif (MAI)



Media audio interaktif (MAI) adalah sebuah metode pendidikan berbasis audio yang secara aktif melibatkan anak yang didesain secara hati-hati dan direkam pada kaset, CD, atau MP3 Player. Pendekatan berbasis audio memungkinkan untuk menghasilkan pembelajaran berkualitas tinggi dan relatif murah sehingga dapat didistribusikan secara luas ke seluruh Indonesia. Materinya sesuai dengan muatan lokal karena diproduksi dan diujicobakan di Indonesia dengan kontrol kualitas yang dilakukan secara ketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua anak menerima materi yang telah distandarisasi.
Pembelajaran dengan metode Media Audio Interaktif (MAI) sebagai strategi yang digunakan untuk memajukan/mempromosikan interaksi antara guru dengan anak atau antar anak sehingga tercipta suatu lingkungan pembelajaran yang aktif. Strategi MAI memanfaatkan audio untuk pembelajaran yang efektif. MAI juga menekankan pembelajaran aktif serta interaksi yang bermakna antara guru dan siswa (Muniningrum, 2001:7).
Studi tentang program ini di lebih dari 24 negara selama 25 tahun terakhir secara jelas menunjukkan perbaikan yang konsisten prestasi sekolah. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa anak yang menerima pembelajaran menggunakan audio interaktif dalam kegiatan belajar informal menunjukkan prestasi yang sama atau lebih baik daripada mereka yang belajar di luar negeri.

Sejumlah pengalaman global secara jelas menunjukkan bahwa jika dikembangkan secara cermat dan diaplikasikan secara efektif, media audio interaktif dapat membantu pemerintah dalam menjawab berbagai tantangan dalam pendidikan, termasuk penyediaan layanan pendidikan berkualitas tinggi. Salah  satu teknik yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan mendengar anak adalah melalui latihan mengikuti instruksi.
Dalam hal ini melalui media audio interaktif sebagian besar berisi instruksi kegiatan yang harus dilakukan anak dan guru. Kegiatan yang diinstruksikan tersebut sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional TK dan distandarisasi kualitasnya oleh para pakar pendidikan PAUD. Salah satu kelebihan media audio ini adalah dapat memberikan stimulasi pesan verbal yang lebih dramatis daripada tulisan atau gambar.

Blog Archive